Hebat, 2019 Pendapatan Negara Kita akan Naik Rp 2.000 Triliun

343

Jakarta, Theeast.co.id – Ini akan menjadi pertama kali dalam sejarah pendapatan RI .

Bagaimana tidak, Pemerintah sudah menargetkan pendapatan RI akan tembus pada level Rp 2.000 triliun di tahun 2019.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pada tahun depan pemerintah menargetkan pendapatan naik sebesar 15 persen. Salah satunya ditopang oleh penerimaan dari pajak nonmigas yang dibidik naik 16,6 persen.

“Pertumbuhan pendapatan totalnya, untuk pajak nonmigas 16,6 persen, pendapatan total akan naik 15 persen,” ujar dia di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/7).

Menurut dia, pada tahun depan, untuk pertama kalinya pendapatan negara akan tembus di angka Rp 2.000 triliun. Sebab selama ini tidak lebih dari Rp 1.900 triliun.

Baca juga :  Pop Up Booth Tumbuh by Astra Financial Gebrak 7 Kota! Hadirkan Promo & Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan

“Pertama kali pendapatan di tahun depan akan menembus Rp 2 .000 triliun, karena selama ini pendapatan negara selalu di bawah Rp 1.900 triliun. Tahun ini akan mendekati Rp 1.900 triliun, dan tahun depan menembus Rp 2.000 triliun,” ungkap dia.

Dengan target pendapatan yang lebih tinggi, maka akan ada ruang yang lebih besar bagi kementerian dan lembaga (K/L) serta daerah dalam menentukan prioritas belanjanya di tahun depan.

“Dengan Rp 2.000 triliun ini kami bisa membelanjakan belanja kementerian, lembaga dan daerah dalam rangka memperbaiki prioritas kita,” kata dia.

Namun demikian, lanjut Sri Mulyani, hal tersebut masih akan menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga :  Buka Seminar Nasional, Cok Ace Ajak Masyarakat Untuk Mengenal Ciri-Ciri Keaslian Rupiah

“Nanti kita lihat. Tadi masih ada aspirasi yang masuk, dan Presiden masih instruksikan beberapa hal, sehingga postur akhir masih belum. Nanti hasil pertemuan sidang kabinet ini kami masih akan lakukan rekalkulasi lagi,” tandas dia.

Editor: Remigius Nahal
Sumber: Liputan6.com

Facebook Comments

About Post Author