Warga Kampung Lebah Bersama Polri Deklarasi Dukung Pemilu Damai

187

Semarapura, Theeast.co.id – Pejabat utama dari Polda Bali dan Polres Klungkung melakukan sosialisasi ke masyarakat paling bawah. Kali ini yang didatangi adalah Kampung Lebah, Kelurahan Semarapura Kelod Kangin, Kabupaten Klungkung. Hadir dalam acara tersebut adalah Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana didampingi Wakapolres Kompol IB. Dedi Januarta.  serta Pejabat Utama Polres Klungkung, Kalabfor Cabang Denpasar Kombes Pol Haris Aksara, Kasat Intelkam Polres Klungkung AKP I Wayan Sueca, Kasat Reskrim Polres Klungkung AKP Mirza Gunawan, Kasat Lantas Polres Klungkung AKP Taufan Rizaldi.

Para pejabat utama baik dari Polda Bali maupun Polres Klungkung diterima langsung oleh warga. Bahkan Kepala Kampung

Haji Hadi bersama dengan puluhan warga muslim lainnya ikut bersama-sama dengan para pejabat tinggi Polri untuk bersilaturahmi, berdiskusi soal beberapa isu terkait Pemilu damai, penyebaran informasi anti hoax dan sejenisnya. Puluhan warga yang sebagian besar muslim tersebut berkumpul di rumah Kepala Kampung Lebah Haji Hadi. Mereka ingin mendengarkan pemaparan dari Kapolres Klungkung dana beberapa pejabat lainnya soal Pemilu damai.

Baca juga :  Bupati dan DPRD Buleleng Sepakati Tiga Ranperda Menjadi Perda

Dalam sambutan penerimaannya, Kepala Kampung Lebah Haji Hadi menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh pejabat tinggi dari Polda Bali dan Polres Klungkung yang sempat melakukan silaturahmi dalam suasana penuh persaudaraan dan keakraban dengan seluruh warga di Kampung Lebah. Ia mengatakan, dirinya sudah 2 tahun menjabat sebagai kepala kampung. Selama dijabat dirinya, suasana kampung selalu kondusif, tidak ada persoalan yang menonjol yang bisa berdampak pada terganggunya keamanan dan ketertiban. “Selama menjabat sebagai kepala kampung sudah dua tahun, di Kampung Lebah belum ada persoalan serius, yang mengganggu keamanan dan ketertiban. Kondisi kampung lebah kondusif,” ujarnya.

Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana mengatakan, kedatangan para pejabat utama dari Polres Klungkung dan Polda Bali bertujuan untuk silaturahmi. Polri harus berada di tengah masyarakat untuk berkomunikasi secara dekat. “Maksud dan tujuan kedatangan ialah untuk melaksanakan silahturahmi dengan warga Kampung Lebah sehingga terjalin komunikasi yang baik diantara kita,” ujarnya. Komunikasi yang intensif dengan situasi secara kekeluargaan akan sangat membantu tugas-tugas Polri dalam menjaga dan menjamin keamanan dan ketertiban.

Baca juga :  Upaya Pengurangan Risiko Bencana, Bali Gencarkan Simulasi Kebencanaan Secara Masif 

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Klungkung berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga suasana kondusif menjelang Pemilu. Masyarakat tidak perlu mempercayai isu-isu yang bersifat hoax, dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebab biasanya isu dan inormasi hoax membuat masyarakat mudah terprovokasi. Kondusifitas keamanan dan ketertiban bisa menyebabkan terciptanya konflik horisontal bernuansa SARA. Ia meminta agar di tahun politik ini pelaksanaan Pilpres 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar. Hubungan yang sudah terjalin sejak jaman Kerajaan antara Umat Muslim dengan warga Klungkung dapat terjaga.

Di akhir pertemuan, baik warga Kampung Lebah maupun anggota Polri mendeklarasikan Pemilu Damai dan Anti Hoax. Masyarakat berjanji untuk menjaga Pemilu yang dama dan anti hoax dalam Pilpres dan Pileg nanti. Bila menemukan berbagai kasus yang berpotensi menimbulkan konflik horisontal maka segera melaporkan kepada petugas yang berwenang. (Axelle Dae)

Baca juga :  Kunjungi Tempat Ibadah, Pangdam IX/Udy Cek Penerapan Protokol Kesehatan serta Serahkan Masker dan Hand Sanitizer

Facebook Comments

About Post Author