Anak Sekolah Dirumahkan, Ini Pesan Sekretaris Dinas Pendidikan Belu

ATAMBUA, Theeast.co.id – Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Pemerintah Daerah Belu melalui surat perintah Bupati Belu telah mengambil salah satu langkah pencegahan yaitu dengan merumahkan anak-anak sekolah dari PAUD hingga SMP.

Liburan dalam konteks merumahkan para peserta didik ini dilaksanakan sejak hari Jumat (20/03) sampai Senin (04/04/2020).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Tarsisius Un Naisali saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya membenarkan hal tersebut, Senin (23/03/2020).

“Berdasarkan surat perintah Bupati Belu, kita telah merumahkan anak-anak di semua sekolah dari hari Jumat kemarin sampai tanggal 4 April. Kita tidak melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah,” pungkasnya.

Namun, menurut Sekretaris Dinas Pendidikan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara baik oleh peserta didik, guru maupun orang tua/wali selama masa kebijakan merumahkan peserta didik tersebut.

Pertama bagi guru dan tenaga pendidik diharapkan tetap memberikan panduan, tuntunan dan monitoring terhadap aktivitas peserta didik melalui media sosial baik lewat sms maupun whatsapp.

Kepada para guru juga wajib membuat laporan kepada kepala sekolah terkait proses pembelajaran yang dilakukan selama dirumahkan.

Kedua untuk orang tua atau wali, agar melakukan pemantauan terhadap aktivitas belajar anak-anak selama berada di rumah. Kemudian bertanggung jawab penuh, mengontrol dan membatasi aktivitas anak di luar rumah.

Ketiga bagi peserta didik, wajib berada di rumah dan tidak bepergian kemana-mana termasuk orang tua tenaga pendidik.

Selain itu, diharapkan juga agar semua masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan selama berada di rumah seperti yang dianjurkan pihak kesehatan antara lain menghindari kontak fisik langsung, bersalaman, ciuman tangan dan lain sebagainya.

“Apabila keluar rumah, tetap menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan rutin mengukur suhu badan,” pinta Tarsisius Naisali. (Ronny).

Facebook Comments