Dampak Korona, 500 Turis Rusia Keluar dari Bali

Denpasar, Theeast.co.id – Dampak penyebaran Covid19 mulai dirasakan di Bali. Malam tadi sekitar pukul 21.50 Wita, lebih dari 500 turis asal Rusia akan keluar dari Bali secara serentak. Ratusan turis ini akan dijemput dengan pesawat carteran yang langsung didatangkan dari Rusia dengan nomor penerbangan SU 6296 Rossiya. Belum diketahui alasan ratusan turis Rusia keluar serentak dari Bali malam ini. Namun informasi yang beredar, jika Rusia akan di-Lock Down mulai besok hingga dua pekan ke depan.

Keluarnya ratusan turis asal Rusia dari Bali secara serentak malam ini diketahui dari surat Duta Besar Rusia Liudmila Vorobieva yang ditandatangan di Jakarta tanggal 26 Maret 2020. Sifat suratnya sangat segera. Surat tersebut berisikan tentang permohonan kepada Gubernur Bali I Wayan Koster untuk memberikan keleluasaan kepada warga Rusia yang saat ini tinggal di berbagai hotel di Bali agar diberi kelancaran untuk ke Bandara Ngurah Rai. Permohonan ini dilakukan karena situasi Bali yang melarang warganya untuk bepergian setelah Nyepi atau pada hari Ngembak Geni. “Sebagai duta besar Rusia untuk Indonesia saya menyampaikan permohonan yang sebesar besarnya agar Susilah kiranya Yang Mulia Gubernur Bali berkenan memberi arahan kepada para petugas keamanan Polda Bali dan jasa transportasi (taksi dan mobil hotel) untuk memberikan sinyal hijau atau izin untuk berangkat ke bandara‚Ķ.” demikian isi surat Dubes Rusia.

Menjawab surat dari Dubes Rusia, Gubernur Koster langsung bergerak cepat. Koster mengeluarkan surat resmi dan ditujukan kepada Majelis Desa Adat di Bali, Pecalang Bali, Polda Bali agar memberikan kebebasan kepada para turis Rusia untuk bergerak ke Bandara Ngurah Rai.

Dalam suratnya, Gubernur Bali meminta kepada aparat keamanan, Bendesa Adat dan Pacalang, di wilayah manapun hotel tempat warga Russia itu menginap, agar mengizinkan warga tersebut keluar melewati jalan menuju Bandara, tidak boleh menghambat, agar bisa sampai di Bandara tepat waktu dan bisa terbang sesuai jadwal. (Axele Dhae)

Facebook Comments