Langkah Antisipasi TNI Dengan Berikan Pemahaman Masyarakat Tentang Cacar Monyet

Atambua, Theeast.co.id – Monkeypox atau cacar monyet beberapa waktu lalu sempat menjadi isu yang cukup mengkhawatirkan bidang kesehatan di seluruh Indonesia.

Menanggapi kondisi tersebut, personil pos Asulait dari Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Suhbrastha melakukan langkah antisipasi dengan mengimbau dan memberi penyuluhan kepada masyarakat diwilayah binaan agar waspada terhadap Monkeypox atau cacar monyet di dusun Mokodomo, Desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Dankipur 1 Lettu Inf Ari Cahyo Wibowo melalui Danpos Asulait Serka Ferry Eko Ariyanto memberikan penjelasan, “Dalam menanggapi situasi terkini di bidang kesehatan, atas perintah atasan kami melakukan upaya langkah antisipasi wabah cacar monyet di desa binaan dengan menjadikan Tamtama Kesehatan (Takes) sebagai ujung tombak di lapangan”.

“Imbauan ini sudah disampaikan oleh Dokter Satgas dan mudah-mudahan di wilayah binaan kami ini tidak ditemukan kasus cacar monyet tersebut. Kita juga sudah melakukan langkah antisipasi sesuai dengan prosedur”, jelasnya.

Pos Asulait mengandalkan Praka Torik Firmansyah dan Praka Wahyu Eko sebagai ujung tombak untuk memberikan penyuluhan serta pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah munculnya cacar monyet khususnya di dusun Mokodomo, desa Sarabau.

“Stevani (40) salah satu warga yang mengikuti penyuluhan menyatakan rasa terimakasih kepada petugas kesehatan dari pihak TNI pos Asulait melalui instruksi dan penyuluhan tentang kewaspadaan terhadap penyakit  cacar monyet. “Kami menjadi lebih paham dan apabila terdeteksi supaya bisa dicegah sedini mungkin” ujarnya. (Red)

Facebook Comments