Hadirkan Iko Uwais Dan Cecep Arif Rahman, Kodim 0507/BKS Adakan Komsos Kreatif Seminar Pencak Silat

Kota Bekasi , Theeast.co.id – Sebanyak 160 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa usia 17th keatas mengikuti seminar tentang pencak silat yang digelar oleh Kodim 0507/BKS dalam rangka Komsos Kreatif, Minggu (8/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Imperial Bekasi ini bertajuk “Matrial Arts Talks, Pencak silat, Karambit : From Indonesia to The World”.
Seminar ini mengangkat pembahasan tentang Karambit yang merupakan senjata tradisional Indonesia. Saat ini, Karambit telah go Internasional melalui debut para Pesilat Indonesia dalam film produksi Holywood John Wick 3 Parabellium.

Nampak hadir dalam seminar ini, yakni Komandan Korem (Danrem) 051/Wijayakarta Kolonel Inf Susilo, Komandan Kodim (Dandim) 0507/Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan yang didampingi Kasdim 0507/BKS Mayor Inf Rahmat Triono S, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Ahdianto, Drs. Ahmad Zarkasih Kadis Pemuda dan Olahraga, Tedy Kadis Pariwisata serta Yan Rosyad Ketua KONI Kota Bekasi. Tidak tanggung-tanggung, seminar ini menghadirkan dua nara sumber yang merupakan tokoh seni beladiri pencak silat, yakni aktor film laga Iko Uwais dan guru yang juga pelatih pencak silat Cecep Arif Rahman.

Saat membuka seminar ini, Kolonel Inf Susilo menyampaikan motivasinya kepada seluruh peserta seminar agar memanfaatkan momentum ini dalam rangka menjaga kelestariam seni dan budaya bangsa. “Ini membuktikan, tidak semua generasi muda gemar berfoya-foya, ternyata masih banyak anak-anak muda kita yang mencintai satu kearifan lokal bangsa kita yakni pencak silat,” tegasnya.

Susilo beeharap seminar tebtang pencak silat ini bisa dilaksanakan oleh seluruh Kodim jajaran Korem 051/Wijayakarta. “Kegiatan yang digekar Kodim 0507/Bekasi ini bisa menjadi sebuah pilot project, dan bisa dilanjutkan oleh Kodim Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Depok dan Kabupaten Bekasi,” paparnya.
Dalam kesempatan yang sama, Letkol Arm Abdi Wirawan menyatakan pencak silat merupakan seni beladiri yang tercipta dari kearifan lokal Nusantara Indonesia. “Banyak hal yang dapat digali dari seni beladiri ini karena budaya Indonesia yang kental melekat dalam perjalanannya, Banyaknya jenis beladiri yang menjamur baik lokal maupun dari negara-negara luar yang mencoba mempopulerkan diri di tanah air dikhawatirkan akan melunturkan keinginan generasi muda kita untuk melestarikan olahraga beladiri asli Indonesia ini. Untuk itulah Kodim 0507/Bekasi turut serta melestarikan Bela Diri Pencak silat dalam bentuk kegiatan Seminar dan diskusi yang menyesuaikan dinamika kondisi era saat ini,” ujar Abdi.

Sementara itu, Tri Adhianto memuji terobosan yang dilakukan Kodim 0507/BKS ini. “Kegiatan ini secara langsung juga akan membawa nama baik Kota Bekasi dengan beragam kegiatan positif untuk melestarikan seni dan budaya tradisional yang menjadi kekayaan bangsa kita ini,” pungkasnya.
Selain seminar, kegiatan ini juga dirangkai dengan atraksi seni bela diri dari Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman. Bahkan para peserta dari berbagai perguruan pencak silat juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan aksi dalam memainkan jurus-jurus pencak silat. (red)

Facebook Comments