Anggota Satgas TMMD Beraktifitas Layaknya Di Rumah Orang Tua Sendiri

Semarapura, Theeast.co.id – Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa Ke 105 Kodim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E, M., Tr., (Han) mengatakan, dalam menjalankan program ini, TNI berkeinginan berinteraksi langsung masyarakat di sekitar tempat tinggal prajurit.

”Untuk dapat terbangun hubungan emosional yang kuat dan saling memiliki antara anggota Satgas TMMD dengan masyarakat, khususnya dari jajaran Satgas TMMD Ke 105 diintruksikan untuk tinggal di rumah warga setempat”, ungkap Dansatgas yang juga Dandim 1610/Klungkung ketika menjawab pertanyaan sejumlah wartawan, Sabtu (13/07), terkait penempatan personel TMMD di rumah warga sebagai orang tua asuhnya.

Dikatakannya, warga yang rumahnya menjadi tempat tinggal para prajurit ini dianggap menjadi orang tua asuh bagi personel selama satu bulan menjalankan tugas sebagai Satgas TMMD Ke 105 Kodim 1610/Klungkung.

”Di sini ketika para anggota Satgas tinggal di rumah orang tua asuh wajib menyesuaikan diri dengan adat dan budaya setempat.

Mereka juga diharuskan beraktifitas seperti biasa dan berinteraksi dengan orang tua asuh layaknya seperti orang tua kandung”, paparnya.

Para anggota SatgasTMMD ke-105, lanjutnya, juga harus menbantu aktifitas orang tua asuh, seperti membersihkan rumah, dan menyapu halaman.

“Dengan kehadiran kita sebagai anak asuh, kitapun dapat melakukan perkerjaan yang dapat meringankan para orang tua asuh”, ujar serda Hermansyah.

Dari pantauan di lapangan, di rumah salah satu warga Mangku Purwa, anggota Satgas TMMD yang tinggal disana terlihat tidak canggung untuk membantu orang tua asuhnya seperti untuk menyapu membersihkan halaman rumah.

Dandim 1610/Klungkung juga menjelaskan, jumlah orang tua asuh dalam program TMMD Ke 105 ini ada 15 rumah.

“Ada 15 rumah yang berada di Desa Nyanggelan, setiap rumah orang tua asuh diisi 5 sampai 6 orang personel,” pungkasnya.(red)

Facebook Comments