Warga Muslim AAL Peringati Tahun Baru Islam 1441 H

SURABAYA, Theeast.co.id – Segenap warga muslim Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah tahun 2019 Masehi di gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (11/9).

Dalam kegiatan ini diisi dengan mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Dr. KH. Saiful Jazil, M.Ag. yang juga Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Surabaya.

Kegiatan yang mengangkat tema, “Jadikan hikmah Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M sebagai momentum peningkatan iman, taqwa dan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas pokok TNI” ini, dalam sambutan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. mengatakan, Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dari Mekkah ke Madinah telah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia, yaitu dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban (Jahiliyah) kearah kehidupan yang penuh rahmat, ampunan dan kasih sayang kepada kita semua, salah satu perubahan tersebut yaitu kaum wanita diberi kesempatan yang nyaris sama dengan kaum laki-laki.

“Teladan yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada kita semua, memberikan inspirasi penting untuk membangun sebuah peradaban yang lebih baik di masa yang akan datang, pesan spiritual dari peristiwa tersebut menuntut keta’atan umat untuk terpanggil jiwanya dalam mewujudkan keikhlasan guna melakukan perubahan dalam rangka pencapaian yang lebih baik lagi,” kata Gubernur AAL.

Aktualisasi hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kata Gubernur AAL adalah keberanian melakukan perubahan terhadap tingkah laku dan perbuatan kurang baik menuju ke perbuatan yang lebih baik yang dapat bermanfaat bagi individu, keluarga, lingkungan masyarakat maupun dalam kedinasan.

“Kepada anak-anakku Taruna dan Taruni AAL mudah-mudahan dengan menyimak tausiyah agama ini dapat membawa perubahan atau hijrah dengan meninggalkan tindakan-tindakan berupa kekerasan fisik dan tradisi buruk dalam kehidupan sehari-hari”, kata Gubernur AAL.

Sementara itu, Ustadz Dr. KH. Saiful Jazil, M.Ag. dalam ceramahnya mengajak kepada segenap warga AAL, melalui peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriyah ini, kita semua dapat memperbaiki kualitas hidup kita, menjadi pribadi yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi kehidupan di dunia maupun diakhirat kelak. Ustadz juga mengingatkan kepada kita semua bahwa orang yang paling baik dihadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah orang-orang yang paling bertaqwa kepada-Nya. Hikmah yang dapat diambil dari peringatan ini yakni agar seseorang tidak memandang rendah orang lain dengan tidak membeda-bedakan suku bangsa, ras maupun warna kulitnya, tidak merasa paling benar dan meninggalkan sifat sombong, kata Ustadz Dr. KH. Saiful Jazil, M.Ag. diakhir pencerahannya dan menutup acara dengan doa bersama.

Pada kegiatan tersebut juga ditampilkan, Band Taruna AAL yang membawakan lagu-lagu rohani, pembacaan ayat suci Al Qur’an serta Saritilawah oleh Taruna dan Taruni AAL.

Hadir pada acara, para pejabat utama AAL, sejumlah personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut. (red)

Facebook Comments