Casis Diktukpa TNI AL Angkatan Ke-49 TA 2019 Jalani Tes Akademis Di Kodiklatal

SURABAYA, Theeast.co.id – Mengawali pelaksanaan seleksi Calon Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan laut Angkatan ke 49 TA 2019, sebanyak 557 Prajurit TNI AL strata Bintara dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI AL melaksanakan seleksi Akademis yang dilaksanakan di gedung Moeljadi dan gedung Martadinata Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Ke-557 prajurit TNI AL tersebut terdiri Korps pelaut 96 casis, Elektro 46 casis, Teknik 88 casis, Suplay 85 casis, Khusus 21 casis, Polisi Militer 38 casis, Kesehatan 18 casis dan Marinir 165 casis.

Perwira Pebantu Utama (Paban) III Personil Direktorat Umum (Ditum) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Joko Heriyanto, S.E., M.M CHRMP selaku penanggung jawab seleksi mengatakan bahwa tes Akademik merupakan salah satu rangkaian kegiatan seleksi yang harus di lewati para Casis Diktukpa sebelum Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) mendatang.

Menurutnya tes Akademik memiliki bobot yang sama dengan seleksi lainya seperti Mental Idiologi, Kesehatan, Kesegaran Jasmani (Garjas), Psikologi dan Kesehatan lengkap termasuk kesehatan jiwa (Keswa). Apabila casis tidak memenuhi syarat yang ditetapkan, maka akan tidak lolos dalam pantukhir mendatang.

Dalam seleksi akademis ini lanjutnya, para casis mendapatkan materi tes diantanranya pengetahuan umum, pengetahuan Korps dan Profesi, serta pengetahuan mengenai kebijakan pimpinan TNI dan TNI AL.(red)

Facebook Comments