STTAL Gelar Seminar Nasional TA. 2019, di Kampus STTAL Bumimoro Surabaya

SURABAYA, Theeast.co.id – Civitas Akademika STTAL menggelar Seminar Nasional TA. 2019, dengan menghadirkan Keynote Speech, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M, yang berlangsung di Gd.Marore bertempat di Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Selasa (24/9/2019)

Kegiatan seminar nasional yang ber-temakan, ” Strategi Pengembangan Teknologi Kemaritiman Di Indonesia dengan menghadirkan tiga pembicara / nara sumber yang pertama Yakni , Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, M.M , Special Envoy (Utusan Khusus) Indonesia untuk International Maritime Organization (IMO), dengan Sub Tema: Urgensi Pengembangan Teknologi Kemaritiman di Indonesia ditinjau dari Aspek Geomaritim., yang ke dua Prof. Dr. H. Aminuddin Kasdi, MS., (Guru Besar Universitas Negeri Surabaya), Sub Tema : Penyiapan Sumber Daya Manusia dalam rangka Penguatan Budaya Maritim di Era Revolusi Industri 4.0., selanjutnya yang ke tiga Dr. Marzan Azis Iskandar dari (Sahli KKIP Bidang Riset dan Teknologi), dengan Sub Tema: Penguatan Peran Stakeholder yang Terkait (Pemerintah, Pengguna, Akademisi, dan Industri Strategis Nasional dalam mendukung Pengembangan Teknologi Kemaritiman di Indonesia, dengan di bawakan Moderator Presenter SBO TV Mbak Elly Prabowo.

Dalam sambutannya Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil, menyampaikan kejayaan sebagai bangsa maritim tidak akan bisa di capai tanpa mendayagunakan teknologi kemaritiman yang dari masa ke masa mengalami perkembangan, apalagi pada saat ini teknologi kemaritiman telah memasuki era revolusi industri 4.0. dalam rangka menggali dan menelusuri strategis pengembangan teknologi kemaritiman yang di lakukan bangsa Indonesia dari masa ke masa, maka STTAL menyelenggarakan seminar nasional kemaritiman dengan tema ” Strategis Pengembangan teknologi kemaritiman di Indonesia ” untuk di Fokuskan pada pembahasan untuk mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang dalam pengembangan teknologi kemaritiman di Indonesia sehingga dapat di gunakan sebagai sumbangsih bahan masukan yang berharga untuk menetapkan strategi pengembangan teknologi kemaritiman di Indonesia.

Usai sambutanya di lanjutkan Keynote Speech Wakasal Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. menyampaikan, teknologi kemaritiman memegang peranan kunci dalam pembangunan maritim Indonesia ke depan. Penguasaan teknologi kemaritiman akan menentukan kemajuan Indonesia di masa mendatang untuk mempu menjadi kekuatan maritim yang di perhitungkan di kawasan.

TNI AL sebagai salahsatu elemen dasar kekuatan maritim nasional memiliki keterkaitan yang sangat berat dengan teknologi kemaritiman yang memcakub sub bidang Hidro-Oseanografi, Insustri, dan jasa maritim, keamanan dan keselamatan maritim bahkan teknologi sistem
persenjataan Angkatan Laut oleh sebab itu, kesempatan ini sangat baik buat saya sampaikan, beberapa pemikiran sebagai gagasan awal untuk memajukan teknologi kemaritiman di Indonesia.

Dilanjutkan sesi foto bersama dan penyampaian tiga nara sumber serta diskusi dan tanya jawab para peserta seminar nasional dan kegiatan berlangsung selama sehari di Gedung Marore Kampus STTAL Bumimoro Surabaya.

Seminar nasional di hadiri pejabat di lingkungan Mabesal, pejabat Kotama TNI AL wilayah Surabaya,, Mantan Komandan STTAL, Dosen, Mahasiswa di Lembaga TNI AL (Kodiklatal, AAL, Seskoal, STTAL), pejabat Lemdik Kodiklatal, pejabat Lemdik AAL, 36 Perguruan Tinggi Negeri / Swasta atau PTN/ PTS Mitra Jawa Timur, para peneliti dari Balai Teknologi Hidrodinamika, Laboratorium Hodrodinamika Indonesia BPPT Surabaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jatim, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim, Pemerintah Kabupaten Lamongan, serta Pemerintah Kabupaten di Jawa Timur, Industri Strategis Nasional.(red)

Facebook Comments