AAL Meriahkan Hut Ke-68 Dengan Lomba Masak, Panggung Hiburan dan Donor Darah

SURABAYA, Theeast.co.id – Akademi Angkatan Laut (AAL) memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 AAL tahun 2019 dengan olah raga bersama, lomba masak, panggung hiburan dan donor darah, Selasa (8/10).

Kegiatan olah raga bersama yang diisi dengan senam dan diikuti oleh Keluarga Besar AAL ini, terdiri dari seluruh prajurit, PNS dan Taruna AAL yang dilaksanakan di lapangan Banda AAL, selanjutnya dilaksanakan lomba masak dan panggung hiburan di Indoor Sport, serta donor darah di gedung Maspardi Bumimoro AAL.

Gubernur AAL dalam sambutan menyampaikan, di Hari Ulang Tahun AAL tanggal 10 Oktober 2019 ini dimana AAL berusia 68 Tahun, bukanlah waktu yang sebentar. Di hari ulang tahun ini adalah waktu yang baik, dimana Prajurit AAL dan PNS AAL diharapkan dapat melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas apa yang sudah diberikan kepada Lembaga AAL.

“Bagi organik dan Taruna AAL yang sesuai profesi masing-masing. Apa yang sudah kita berikan kepada lembaga pendidikan Akademi Angkatan Laut, sehingga diusia yang ke-68 tahun ini dapat dan harus memiliki nilai tambah”, kata Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar Akademi Angkatan Laut, khususnya kepada para organik AAL, karena di tahun 2019 akreditasi AAL adalah A dan itu telah diakui secara nasional. Bukan tiba-tiba itu diakreditasi A, tapi karena sistem kerja di AAL telah berjalan baik dan sesuai dengan fungsi masing-masing, sehingga lembaga pendidikan AAL diakui, mendapat akreditasi A dan diakui secara nasional.

Menurut Gubernur AAL didepan prajurit, PNS dan Taruna AAL pada acara tersebut, sekarang tunjangan kinerja prajurit TNI Angkatan Laut sudah menerima 70 persen dan akan naik menjadi 80 persen. “Perlu bapak-bapak ketahui, khususnya yang di Angkatan Laut, begitu banyak instasi di Angkatan Laut namun yang dijadikan sampel reformasi birokrasi, salah satunya adalah AAL, sehingga apabila reformasi birokrasi bisa dipercaya dan sesuai harapan karena peran kita juga”, kata Gubernur AAL didepan prajurit, PNS dan Taruna AAL pada acara lomba masak dan panggung hiburan peringatan HUT AAL di indoor sport.

“Kita semua di AAL yang dijadikan sampel, sehingga saya layak mengucapkan terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar AAL, dari mulai Pegawai Harian Lepas (PHL) sampai dengan prajurit dan PNS di AAL. Kita punya peran masing-masing, bekerja dengan baik. Jadi acara memeriahkan peringatan HUT AAL ini berlangsung untuk kita semua, bukan hanya untuk Taruna, tapi untuk kita semua. Sekali lagi saya ucapkan terima kasi atas kerja sama yang baik yang telah kita lakukan selama ini, atas terwujudnya akreditasi dan pengakuan birokrasi secara nasional guna menunjang remunerasi sampai dengan menuju 100 persen”.

Gubernur AAL berharap, mudah-mudahan kedepan kita menjadi contoh lagi dan menjadi 90 persen kenaikan remunerasi, kemudian naik menjadi 100 persen atau langsung menjadi 100 persen dari yang sekarang 70 persen. “Itu akan bisa dicapai, apabila kita memiliki kinerja yang baik. Oleh karena itu, sekali lagi kami ucapkan terima kasih, jangan pernah puas dengan upaya yang telah kita capai. Kita harus berbuat lebih baik dan terus lebih baik. Hari ini harus lebih baik dari dari yang lalu”, pesan mendalam Gubernur kepada seluruh personel AAL yang ada pada acara HUT AAL di indoor sport AAL.

Gubernur AAL menambahkan, Angkatan Laut ada karena ada kapal, sedangkan AAL ada karena ada Taruna. Selanjutnya, Taruna diberikan bendera anugrah sesuai dengan batalyonnya dan Taruni dipecah menjadi 3 batalyon serta ditentukan juara 1, 2 dan 3. Untuk juara yang terbaik selain mendapatkan piala penghargaan, juga pemasangan bendera batalyon terbaik 2019, sebaliknya yang juara terakhir dikasih bendera tengkorak. Maksudnya, untuk memotivasi supaya bisa maju kemudian mengambil posisi didepan. “Masing-masing Komandan Batalyon agar memotivasi timnya”, harap Gubernur AAL.

Peserta lomba masak ini, terdiri dari 18 Satker dijajaran AAL, tiap Satuan Kerja (Satker) terdiri dari 2 orang, yakni Kasatker didampingi satu orang Pamen. Sedangkan dewan juri, terdiri dari Juri 1 Ibu Heniwati Edi Sucipto, Juri 2 Ibu Nawang Sari Endi Supardi dan juri 3 Chef Ambasador Mie Burung Dara Mbak Ellisa. Sementara sambil menunggu lomba masak, keluarga besar AAL dihibur oleh Raksa Band Pasmar-2 Surabaya dan Brasband Taruna AAL.

Dalam kegiatan olahraga ini panitia juga menyediakan kupon jalan sehat bagi keluarga besar AAL yang diundi untuk mendapatkan ratusan door prize dan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor.

Setelah satu jam lomba masak, akhirnya dewan juri memutuskan, juara I diraih meja nomor 5 Satker Akun, juara II diraih meja nomor 2 Satker Depiptek dan juara III diraih meja nomor 16 Satker Deppim. Sementara juara Harapan I diraih meja nomor 4 Satker Deplai, Juara Harapan II diraih meja nomor 12 Satker Resimen dan Juara Harapan III diraih meja nomor 18 Satker Depmar.

Dalam kegiatan tersebut, juga diserahkan hadiah kepada para juara lomba antar Satker AAL. Dalam lomba antar Satker ini, peraih juara umum I dimenangkan Satker Depjas dengan perolehan medali 3 emas dan 1 perak, sedangkan juara umum II diraih Satker Resimen dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu dan Juara Umum III diraih Satker Ditpers dengan perolehan medali 1 emas dan 1 perak. Masing-masing pemenang mendapatkan thropy juara dan dana pembinaan.

Sedangkan dalam kegiatan pekan olahraga Taruna AAL antar batalyon, juara I diraih Batalyon 2 Taruna AAL, juara II diraih Batalyon 3 Taruna AAL, juara III diraih Batalyon 1 Taruna AAL. Masing-masing juara memperoleh dana pembinaan dari Gubernur AAL.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAL beserta Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL menyerahkan tali asih kepada 5 Warakawuri yang hadir, dan mengirimkan tali asih kepada 4 Warakawuri yang tidak dapat hadir ke rumah masing-masing. Selain itu, tali asih diberikan kepada tiga orang Tamtama Teladan tingkat AAL tahun 2019 serta kepada atlet AAL peraih juara III Tenis Panglima TNI Cup.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E. M.M. beserta Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta Wakil Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi, pejabat utama AAL serta pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL.(red)

Facebook Comments