Libatkan Lintas Institusi, BI Bali Gelar Donor Darah bagi Kepentingan Kemanusiaan

DENPASAR, Theeast.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali menggelar kegiatan sosial berupa donor darah, Rabu (9/10). Kepala BI Bali Trisno Nugroho mengatakan, kegiatan donor darah tersebut menunjukan kepedulian BI Denpasar terhadap persoalan kemanusian di Bali dan sekitarnya.

Darah itu sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama pada saat sakit dan sebagainya. “Donor darah BI Denpasar merupakan salah satu program kerja bidang kesehatan dan kemanusiaan yang secara rutin diselenggarakan setiap tahun. Darah akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Bali,” ujarnya.

Donor darah kali ini diikuti oleh pegawai KPwBI Provinsi Bali, Perbankan Bali, Kodam IX / Udayana, TNI AU, TNI AL, Brimob Polda Bali dan PT.POS Indonesia. Total yang memberikan darahnya sejumlah 357 orang. Namun karena berbagai alasan kesehatan, maka jumlah darah yang berhasil disumbangkan sebanyak 303 kantong darah yang dianggap layak. Sebanyak 54 peserta setelah melalui pemeriksaan dianggap belum memenuhi persyaratan untuk donor dengan berbagai alasan seperti tensi tinggi, HB rendah, dan belum waktunya untuk donor.

Menurutnya, donor darah yang digelar di Kantor BI Bali ini dilakukan secara berkala dan upaya ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa donor darah itu sangat diperlukan. “Setiap harinya Bali membutuhkan cukup banyak darah, sehingga hal ini yang harus kita gugah kepada masyarakat. Jika ini bisa terpenuhi, maka kita bisa membantu masyarakat Bali yang sedang membutuhkan pertolongan darah,” ucap Trisno.

Diharapkan kegiatan ini bisa ikut berkontribusi membantu sesama. Donor darah ini juga mendapat dukungan dari pendonor yang berasal dari unsur TNI, Brimob, OJK dan jajaran perbankan serta dari kalangan BI. “Jadi sesuai tema kita hari ini adalah melalui donor darah kita menolong sesama. Kami juga siap membantu dalam kegiatan kebencanaan. Jadi kontribusi ini yang kami berikan,” kata Trisno.

Sementara itu, I Made Geria selalu Kasubdit Humas dan P2DDS dari USD PMI Bali mengatakan, kerja sama dengan Bank Indonesia Bali ini sebagai bentuk tugas PMI dalam menjaga ketersediaan stok darah maupun produksi darah yang aman dan berkualitas.

“Dengan upaya ini, kami terus aktif mencari pendonor darah ke tempat-tempat instansi pemerintah seperti yang kami lakukan di BI Bali,” ucapnya. Ia mengakui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memang rutin membantu PMI dalam kegiatan ini dengan menggelar donor darah 4 kali dalam setahun dengan target pendonor 300 orang hingga 350 orang. Pihaknya juga berterima kasih kepada kelompok pendonor yang sudah membantu PMI Bali untuk penyiapan dan melengkapi stok darah yang diperlukan masyarakat.

PMI setiap harinya memerlukan darah 120 hingga 150 kantong. Ini diberikan untuk pemakai darah yang besar di RSUP Sanglah Denpasar dan rumah sakit swasta yang ada di sekitar Denpasar dan Badung maupun membantu RUSD yang ada di kabupaten lainnya. Untuk target darah yang didapat dari pendonor yang hadir ke acara donor darah di BI Bali ini, harap Geria, bisa mencapai 325 kantong darah.(Axelle Dae)

Facebook Comments