Bakti Sosial Peduli Rumah Ibadah 2019

TABANAN, Theeast.co.id – Generasi Baru Indoneia (GenBI) Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Peduli Rumah Ibadah 2019. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian generasi muda terhadap kebersihan dan kesucian lingkungan ibadah. Pada tahun 2019, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2019 di kawasan suci Pura Batukaru, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Sebanyak kurang lebih 50 mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia melakukan bersih-bersih di sekitar areal pura Batukaru yang diawali dengan menyapu di areal dalam, halaman pura, dan areal parkir. GenBI Provinsi Bali juga memberikan tempat sampah dan tanaman langka sebagai bentuk dukungan untuk kawasan suci yang tetap bersih dan terjaga. Sebanyak kurang lebih 100 tanaman seperti genitri, gaharu, sentul, nagasari, rijasa, klecung, jeleket, timbul, cempaka kuning, kelapa bulan, kelapa gading, delima putih, kepundung, sandat bali, dan cempaka gondok ditanam bersama di seluruh areal Pura Batukaru.

Kegiatan yang dilakukan guna menyambut karya agung ( piodalan) di pura Batukaru di bulan januari 2020 nanti ini, dibuka oleh Wakil Bupati Tabanan yang merupakan sinergi GenBI Provinsi Bali, KPwBI Provinsi Bali, dan balipuspanews.com. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Wakil Bupati Kabupaten Tabanan, anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Asisten 2 Kabupaten Tabanan, OPD Kabupaten Tabanan, beserta Kepala Desa Wongaya Gede dan jajarannya serta kurang lebih 400 siswa sekolah dasar dan menengah juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Wakil Bupati Tabanan, Gede Sanjaya dalam pidatonya menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan suci pura terutama sumber mata air suci yang terdapat di Pura Batukaru. Kegiatan ini dianggap sebagai salah satu bentuk wujud nyata kepedulian masyarakat dan terutama generasi muda yang positif dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Sanjaya juga menegaskan bahwa penting bagi kita untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik yang sulit terurai. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin setiap tahunnya sehingga dapat berdampak secara langsung terhadap pariwisata Kabupaten Tabanan”, tutupnya.

GenBI Provinsi Bali merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia yang berasal dari tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha,dn Universitas Pendidikan Nasional.(axelle dae).

Facebook Comments