Wabup Belu Launching “Lopo Dia Bisa” Bank NTT

ATAMBUA, Theeast.co.id – Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan me-launching “Lopo Dia Bisa” Bank NTT di Halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Belu, Senin pagi (18/11/2019).

Kegiatan Launching “Lopo Dia Bisa” merupakan program transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mewujudkan masyarakat yang berliterasi dan meningkatkan peran literasi untuk kesejahteraan.

Kegiatan yang terjadi atas kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Belu melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas PMD dan Bank NTT ini bertujuan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya pengembangan Perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat; membangun dukungan dan komitmen dari stakeholder untuk pengembangan Perpustakaan berbasis Teknologi lnformasi dan Komunikasi melalui penyediaan sarana dan prasarana pendukung; menjalin kerjasama yang berkelanjutan antar stakeholder untuk mendukung Transformasi Perpustakaan Berbasis lnklusi Sosial; dan meningkatkan semangat minat baca dan melek Literasi bagi masyarakat di Kabupaten Belu dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Dalam Kegiatan Launching Lopo Dia Bisa, terdapat juga beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat Iain diantaranya;

Pelatihan Teknologi Tepat Guna dan Inovasi yaitu Pelatihan Pembuatan Anggur dari Jambu Mete, Pelatihan Pembuatan Stik (kiri-kiri) dari Labu Lilin dan Pelatihan Pembuatan Cake Jagung.

Selain itu pelatihan Teknologi Tepat Guna, dilakukan juga Sosialisasi Simpanan Pelajar dan Mahasiswa (SIMPEL) dari BANK NTT.

Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Harry Riwu Kaho dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Belu khususnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atas sebuah sinergitas kolaborasi untuk membangun masyarakat Belu lewat berbagai kebijakan khususnya literasi dan inklusi tentang masa depan yang cerdas dari siswa-siswi.

Diungkapkan bahwa “Lopo Dia Bisa” sebagai salah satu bentuk program inovasi dari bank NTT (program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial) yang dimana sejak tahun kemarin telah melakukan berbagai program untuk mengajak anak muda mulai dari siswa SD, SMP SMA hingga Perguruan Tinggi untuk terus menjadi cerdas memilih masa depan lewat talenta yang dimilikinya.

“Diharapkan agar siswa dapat berkreatif menggali potensi yang ada untuk memberikan karya lewat peluang-peluang yang diadakan sehingga nantinya bisa menjadi profesi yang mandiri,” pungkasnya.

Disebutkan pula program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan dan masyarakat, sehingga dalam memberikan layanan perpustakaan mampu memahami kebutuhan masyarakat, memberikan inovasi layanan dengan melibatkan keterlibatan masyarakat dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Disampaikan bahwa Bank NTT sebagai salah satu mitra juga memberikan kontribusi berupa Pembangunan “Lopo Dia Bisa”, Penataan Taman di Halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten, Pemasangan WI-FI Gratis di Area Lopo Dia Bisa, mensponsori kegiatan Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan kegiatan Pameran serta Bazar.

Sementara itu Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud kegiatan kepedulian dalam rangka upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Belu dan menghasilkan masyarakat yang adil dan makmur.

“Saya mewakili Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan terima kasih sekaligus syukur pada Tuhan karena dalam komunikasi dan kebenaran, kita melakukan kegiatan untuk bagaimana menyiapkan sesuatu untuk generasi-generasi kita untuk menjadi masa Depan Bangsa yang baik,” tandas Ose Luan.

Menurutnya kegiatan ini merupakan inovasi yang yang positif bagi anak-anak kabupaten Belu sehingga sangat diharapkan agar para generasi penerus bangsa dari Kabupaten Belu dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan secara maksimal dan sebaik-baiknya. (Ronny)

Facebook Comments