Dalam Rangka Latma MTA Philindo I/2019, Danguskamla Koarmada II Laksanakan Coutessy Call di Naval Force Eastern Mindanao

SURABAYA, Theeast.co.id – Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi melaksanakan Courtessy Call atau kunjungan kehormatan dengan Komandan NFEM (Naval Force Eastern Mindanao) Commander Antonic Palces AFP. Kegiatan tersebut berlangsung di aula gedung NFEM, pada Senin (25/11) waktu setempat.

Dalam kesempatan tersebut Danguskamla Koarmada II didampingi oleh Komandan KRI Hiu-634 Letkol Laut (P) Agus Tri Ariyanto. Usai kunjungan, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Latihan Bersama Maritime Training Activity (MTA) Philindo 1/2019 yang dihadiri Eastern Mindanao Command Commander Lieutenant General Felimon T. Santos, Konsul Jenderal RI di Davao Dicky Fabrian, Athase RI di Philipina Kolonel Mar Reza dan perwakilan anggota KRI sebanyak 34 personel.

Sementara itu dalam sambutannya, Rachmad-sapaan akrab Danguskamla Koarmada II mengatakan bahwasannya Latihan Bersama Maritime Training Activity (MTA) Philindo 1/2019 adalah merupakan latihan yang pertama antara Philippine Navy dan TNI AL, latihan ini adalah implementasi hubungan bilateral antara Angkatan Laut kedua negara di bidang pertahanan.

Rachmad juga menjelaskan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerja sama dalam kemampuan kapal perang. ” Saya berharap melalui latihan ini kedua angkatan laut akan mendapatkan banyak manfaat untuk meningkatkan kapabiltas dan profesionalisme bagi setiap prajuritnya,” terang mantan Komandan Lantamal XIV/Sorong.

“Saya percaya latihan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral dan juga menimbulkan efek positif untuk meningkatkan hubungan antara TNI AL dengan Philippine Navy dan pastinya hubungan Indonesia dengan Philipina,” pungkas Rachmad.

Dalam pelaksanaannya nanti Latma MTA Philindo 1/2019 akan dibagi menjadi empat fase. Pertama yakni Fase Pangkalan atau Harbour Phase , yang diisi dengan kegiatan diskusi sebagai media pertukaran ide, informasi, pengalaman dan pengetahuan tentang operasi militer antar peserta.

Berikutnya Fase Laut yang didalamnya akan dilaksanakan fase latihan yang di fokuskan pada latihan peran-peran di laut, seperti latihan menembak meriam, menembak malam, transfer bahan bakar antar kapal saat berada ditengah laut, pemeriksaan kapal dan sebagainya.(red)

Facebook Comments