Yayasan Hang Tuah Gelar Lomba Sekolah Sehat

SURABAYA, Theeast.co.id – Yayasan Hang Tuah Surabaya memiliki 34 Satuan pendidikan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo melaksanakan Lomba Sekolah Sehat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Yayasan Hang Tuah ke-73 tahun 2020 yang puncak kegiatannya akan di laksanakan 29 Januari mendatang.

Ketua pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputa , S.K.M., M.M sengaja menggelar lomba sekolah sehat ini dengan harapan seluruh peserta didik yang berada di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya memiliki lingkungan bersih , sehingga sekolah menjadi sehat dan dapat melaksanakan program sekolah dengan nyaman.

Program lomba sekolah sehat sudah dilaksanakan sejak (8/01) Januari hingga terakhir hari ini Rabu (15/01) dengan tim penilai yang di ketuai oleh Wiwit, S.Pd dimana kesehariannya sebagai Kasatdik/ Kepala Sekolah SD Hang Tuah 10 Juanda dengan 2 anggota masing-masing Suswiati, S.Pd Kasatdik SD 11 dan Turwoyo Eni, S.Pd dari Kasatdik TK Hang Tuah 10 Sedati Juanda. Peserta lomba sekolah sehat terdiri dari 30 sekolah . ( 13 sekolah tingkat TK , 7 sekolah tingkat SD , 5 sekolah tingkat SMP , 3 sekolah tingkat SMA ,23 sekolah tingkat SMK .

Beberapa materi penilaian sekolah sehat antara lain: Kebijakan dan Program UKS, Gedung/ daya dukung sarana UKS, Sarana sanitasi, Pembuangan sampah, Halaman dan pekarangan, Peserta didik dan tenaga kependidikan, Pengaruh tumbal balik antara sekolah dan masyarakat sekitar, Kegiatan pelaksanaan Trias UKS dan Managemen organisasi.

Tim penilai sejak 8 Januari telah melaksanakan penilaian di sekolah TK Ht4, TK HT 22, SD HT 9, SMP HT 5, dan SMA HT 5, 9 januari penilaian dinlaksanakan penilaian di sekolah SMP HT 6, TK HT 5, SMA HT 2 dan TK HT 11, 9 Januari penilaian di sekolah TK HT 1, SD HT 1, SMP HT 1, SMA HT 4, 10 Januari penilaian di sekoah TK HT 7, TK HT 8, SD HT 7, SD HT 8 dan SMP HT 2 dan 11 Januari melaksanakan penilaian di sekolah TK HT 3, TK HT 9, TK HT 12, TK HT 18, SD HT 3 dan SD HT 12. Hari terakhir pelaksanaan lomba sekolah sehat, 15 Januari tim penilai melaksanakan penilaian di sekolah TK Hang Tuah 2, TK Hang Tuah 6, SMP Hang Tuah 4, SMK KAL-1 dan SMK KAL-2.

Penyambutan yang sangat luar biasa terjadi di SMK KAL-1 dimana sejak pagi seluruh siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler drum band telah siaga menyambut kedatangan tim penilai, dengan dentuman drum band yang menggema tim penilai melewati pagar betis pasukan pengibar bendera (PASKAL-1). Mereka di terima oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si sekaligus memeperkenalkan seluruh guru dan managemen sekolah kepada tim penilai.

Tim penilai yang sudah bertahun-tahun menjadi langganan sebagai yuri, setelah menlaksanakan peninjauha seluruh kondisi fisik sekolah dapat menyimpulkan bahwa SMK KAL-1 telah banyak perubahan di bandingkan tahun lalu, seluruh sarana dan prasara dan kondisi lingkungan sekolah secara global sudah mendekati sempurna dan ini menjadi catatan khusus bagi tim penilai. Kekuranga memang masih ada, namun karena kemauan melaksanakan perubahan yang tinggi sehingga harapan menyempurnakan tentunya akan terbuka lebar tuturnya.

Mengakhiri penilaian di SMK KAL_1 ketiga penilai diberikan kesempatan untuk menanam pohon jambu air, blimbing dan jeruk dimana masing-masing pohon di beri mana sesuai nama tim penilai. Harapan kepala Sekolah SMK KAL-1, pohon yang di tanam tersebut akan tumbuh dengan baik karena akan selalui jaga oleh tim penghijauan sekolah yang di ketuai oleh Ari Sutrijono S.Pd.,MM.

Sekolah sehat SMK KAL-1 sebelum pelaksanaan penilaian lomba , tim kecil penilai dari sekolah Munawar, S.Pd sengaja menghadirkan petugas kesehatan dari Puskesmas Morokrembangan yang menjadi mitra sekolah untuk meninjau kondisi sekolah, sehingga apa-apa yang belum standart sesuai garis kebijakan UKS binaan Puskesmas Morokrembangan dalam waktu dekat bisa di benahi dan dapat meminimalisir kekurangannya. Puskesmas Morokrembangan secara riutin dan tersusun secara periodik melaksanakan pembinaan kepada siswa kader UKS SMK KAL-1, pemeriksaan kesehatan berkala, serta berbagai macam lokakarya mini , suntik difteri serta penyuluhan kesehatan .(red)

Facebook Comments