Home Gaya Hidup Kesehatan RSU GBM, Dari Klungkung Membangun Kesehatan Masyarakat Bali

RSU GBM, Dari Klungkung Membangun Kesehatan Masyarakat Bali

KLUNGKUNG, The East Indonesia – Masyarakat Klungkung dan masyarakat Bali umumnya bahkan masyarakat international perlu tahu bahwa di Klungkung sekarang sudah ada RSU berstandar international. Demikian dikemukakan Wakil Direktur RSU RSU GRHA BHAKTI MEDIKA (GBM ), dr. Donny  Susanto di Klungkung beberapa waktu lalu.

RSU GBM ini resmi mendapatkan Ijin Operasional dari Pemerintah Kabupaten Klungkung pada 27 Juli 2020. Sekarang sudah beroperasi normail, ungkapnya.

Sebagai sebuah rumah sakit baru, tantangan yang dihadapi tidaklah mudah. Selain tantangan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, manajemen juga dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi saat ini. Hal ini menuntut manajemen rumah sakit berpikir lebih kreatif dengan selalu mengedepankan mutu dan keselamatan pasien, pengunjung dan karyawan rumah sakit itu sendiri, papar dr. Donny.

RSU GBM didirikan dengan misi yang jelas, lanjutnya. RSU ini hadir untuk menjadi pilihan bagi masyarakat Bali, yang menjadikan kesehatan sebagai sebuah investasi berharga. Untuk itu, RSU GBM telah mempersiapkan diri dengan berbagai pelayanan yang menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan yang komprehensif.

Selain pelayanan pelayanan dasar, juga dilengkapi dengan pelayanan unggulan. Pelayanan dasar meliputi :

– Pelayanan UGD 24 jam yang dilengkapi dengan ruangan bedah minor yang sudah terstandarisasi serta Ambulance yang berstandar Advance Life Support

– Berbagai pelayanan poliklinik dokter spesialis yang bisa diakses dari pagi sampai malam, – Ruangan Rawat Inap berbagai tipe kelas dari kelas III sampai Supervip
– Ruang bersalin yang nyaman
– Ruang perawatan bayi sehat, bayi sakit yang terpisah dan NICU

(Neonatal Intensive Care Unit)
– Kamar operasi yang dilengkapi berbagai alat canggih seperti C-Arm dan Laser Urologi
– Pemeriksaan penunjang seperti Rontgen, USG 4 D, CT Scan 32 Slices
– Laboratorium klinik dengan peralatan lengkap dan menggunakan sistem komputerisasi dan disertai dengan sarana Bank Darah,
– Sistem informasi rumah sakit dan Rekam medis rumah sakit yang sudah menggunakansistem digital, yang memungkinkan pasien melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan rumah sakit secara online.
– Instalasi Farmasi 24 jam,
– Staf Medis, Non Medis yang sudah terlatih dan bersertifikat di bidang masing masing
– Dan juga fasilitas non medis lainnya yang sudah memenuhi persayaratan perijinan rumah sakit seperti Tempat Penampungan sampah medis, non medis dan B3 yang terpisah dan sudah memiliki standar, ruang genset dan Sistem Pengolahan Limbah yang baik.

Menjawab tantangan rumah sakit, khususnya di masa Pandemi covid 19 saat ini, RSU GBM juga telah mempersiapkan diri dengan protokol kesehatan untuk ikut menjadi bagian dan berkontribusi dalam mencegah dan menghentikan penyebaran COVID 19 di antaranya protokol keluar masuk area rumah sakit, protokol penapisan pasien yang mengarah ke COVID 19 dan berbagai standar prosedur operasional lainnya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran COVID 19.

Infrastruktur rumah sakit juga telah dilengkapi dengan berbagai prasarana seperti :

– Ruang dekontaminasi
– Poliklinik Skrining COVID 19
– Ruang Perawatan Isolasi yang telah dilengkapi dengan Sistem penyaring udara ( Hepa Filter)

Berbagai pelayanan unggulan telah disiapkan, diantaranya :

UROLOGY CENTER meliputi :
– Pelayanan Tindakan Laser Urologi, sebuah tindakan canggih di sistem perkemihan yang memungkinkan tindakan dilakukan tanpa operasi terbuka.
– Pelayanan Uroflometri, sebuah metode yang dipergunakan untuk mendeteksi kelainan saluran kemih bawah
– Tindakan Hemodialisis – Dokter spesialis urologi

BARIATRIC CENTER, sebuah pelayanan komprehensif untuk mengatasi kondisi kelebihan berat badan yang meliputi tindakan invasif , exercise dan pengelolaan gizi yang baik. Juga di lengkapi dengan pelayanan Beauty Center.

DENTAL CENTER, meliputi pelayanan kesehatan gigi yang komprehensif

Sebagai bagian dari World Wide Health Relationship, RSU GBM juga sudah bekerja sama dalam aspek transfer knowledge, telemedicine dan sister hospital dan memiliki MoU dengan berbagai rumah sakit di beberapa negara diantaranya Fortis Healthcare India, Putra Melaka Hospital Malaysia, Gleneagles Singapore dan Mount Elizabeth Hospital Singapore.

dr  Donny pun mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung yang selalu memberikan bimbingan dan pendampingan. “Kami selalu berupaya mencapai standar tertinggi dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” tegas dr Donny mengakhiri pembicaraan. ***

Editor – Christovao Vinhas

Facebook Comments

About Post Author

Exit mobile version