Home Wisata Budaya Duta Anak Buleleng 2024 Terpilih, Soroti Kasus Kekerasan Seksual di Kabupaten Buleleng

Duta Anak Buleleng 2024 Terpilih, Soroti Kasus Kekerasan Seksual di Kabupaten Buleleng

Gelora Anak Buleleng 2024. Foto : Wismaya

SINGARAJA, The East Indonesia – Terpilih dan dikukuhkan pada Minggu, (28/1), Duta Anak Buleleng 2024 telah mencurahkan perhatian khusus terhadap kasus kekerasan seksual terhadap anak yang marak terjadi di Kabupaten Buleleng akhir-akhir ini. Sejumlah program ditawarkan oleh Duta Anak Buleleng 2024 yang telah disepakati oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng melalui Sidang Suara Anak Buleleng 2024.

Made Dea Vio Lantini selaku Duta Anak Kabupaten Buleleng Komisi Perlindungan Khusus Tahun 2024, mengusung tiga program konkret dalam upayanya untuk menanggulangi masalah tersebut.

Program pertama adalah “Anak untuk Anak”, yang melibatkan edukasi, sosialisasi, dan pendekatan psikologis berdasarkan teman sebaya. Dea berharap agar anak-anak dapat menjadi agen perubahan dan saling mendukung satu sama lain.

Program kedua, “Anak untuk Masyarakat”, Dea mendorong upaya preventif melalui sosialisasi kepada masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait batasan-batasan tindakan yang dapat dinilai sebagai pelecehan seksual,” jelasnya.

Dea juga menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam program ketiga, “Anak untuk Pemerintah”. Duta Anak Buleleng 2024 akan menyuarakan pengetatan terhadap penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan seksual, guna memastikan mereka dihukum seadil-adilnya sesuai dengan tindakannya.

Untuk diketahui, Gelora Anak Buleleng 2024 adalah sebuah ajang bagi para pelajar untuk menentukan Duta Anak Buleleng dan kepengurusan Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng. Proses seleksi, yang dimulai sejak 20 November 2023, memanfaatkan dua jenis ujian, yakni tes tulis dan wawancara. Saat ini sudah mengukuhkan Duta Anak Buleleng Tahun 2024 yang terdiri dari Putu Cista Pramitha Dewi Sebagai Duta Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2024 Komisi Pendidikan, Kadek Febri Ardiagarini Sebagai Duta Anak Tahun 2024 Komisi Kesehatan, Made Dea Vio Lantini sebagai Duta Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2024 Komisi Perlindungan Khusus, Komang Agus Krisna Wahyoedi sebagai Duta Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2024 Komisi Partisipasi, dan Ketut Andika Pratama Dwipayana Sebagai Duta Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2024 Komisi Jaringan

Terkait itu, Kepala Dinas DP3KBP2A, I Nyoman Riang Pustaka, menyampaikan ajang pada hari ini adalah untuk mencari Duta Anak Buleleng yang akan berlaga di tingkat Provinsi Bali. Pihaknya akan memberikan dukungan maksimal bagi Duta Anak Buleleng 2024.

“Kita terus memfasilitasi dan membina agar anak-anak yang nanti terpilih jadi Duta Anak Buleleng dapat meningkatkan sinergi dengan Forum Anak Daerah di tingkat kecamatan yang sudah dibentuk.” jelasnya.

Lebih lanjut, Pustaka menegaskan, selama bertugas nantinya, Duta Anak Buleleng akan menyasar ke sekolah-sekolah untuk menampung aspirasi para anak-anak sebaya mereka. Hal itu akan menjadi dasar pergerakan Duta Anak Buleleng bersama Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng ke depannya.*Wismaya

Facebook Comments

About Post Author

Exit mobile version