MANGUPURA – Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kabupaten Badung membuat sejarah sebagai yang pertama dalam sejarah dunia pariwisata Indonesia yang mengadakan sales mission bersama Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Badung, di Manchester, Inggris, 2 November 2017 yang di hadiri oleh 25 top agent dari kota Manchester.
Dalam kegiatan bersejarah tersebut, puluhan pelaku industri pariwisata Bali yang mempromosikan produknya di depan para penjual dan konsultan wisata akan sangat berpengaruh langsung dalam meningkatkan jumlah wisatawan dari Inggris. Dinas Pariwisata Badung sendiri membidik kunjungan wisatawan dari negeri asal Ratu Elizabeth itu dengan tingkat kenaikan sebesar 24 persen di tahun 2018.
Dalam pemaparannya, Kepala Disparda Badung I Made Badra menjelaskan bahwa program Disparda Badung sangat sejalan dengan program yang di rancang Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam usaha pencapaian wisatawan dunia ke Indonesia terutama dari negara-negara yg potensial seperti halnya Inggris yang dalam dua tahun terakhir menduduki peringkat pertama dari benua Eropa dalam hal tingkat kunjungan langsung ke Bali.
Di Manchester, Sales Mission Pariwisata Badung dibuka oleh ketua BPPD Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, SE, MBA dan di lanjutkan paparan perkembangan pembangunan infrastruktur dan destinasi pariwisata secara gamblang oleh I Made Badra.
Yang paling menggembirakan, kegiatan sales mission ini mendapatkan sambutan positif dari para buyer perusahaan tour operator dari kota Manchester dan berharap kegiatan sejenis bisa di lakukan setiap tahun, agar para operator bisa mendapatkan informasi terbaru yang aktual dari perkembangan yang terjadi di Bali.
Beberapa perkembangan terkait pariwisata Bali yang diharapkan bisa diinformasikan dianataranya tentang pembangunan Infrastruktur jalan tol, pembangunan Underpass untuk menanggulangi kemacetan di Kabupaten Badung begitu pula pembangunan Landmark Garuda Wisnu Kencana untuk menyambut konferensi IMF 2018 dan rencana pengembangan Airport baru untuk meningkatkan kapasitas 25 juta di tahun 2020.
Kesuksesan Sales mission ini tidak terlepas dari support kementerian pariwisata dengan mengirimkan Asisten deputi promosi Mary Maya Bubun beserta team keseniannya.
Selain itu, kunci kesuksesan lainnya adalah pemilihan partner yang sangat berkompeten di pasar wisata Inggris yaitu Singapore Airline dan VITO-UK yang membantu dalam memilih dan mengundang agent potensial yang mempunyai production tinggi di market Inggris.
I Made Badra menegaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi program tahunan dan akan terus di tingkatkan tidak hanya untuk pasar Inggris namun kota-kota lain yang dibidik dan direncanakan bersama dengan para pengurus BPPD Badung demi tercapainya target yang di harapkan.


