Kali Pertama Dua Predator Buas “Makan Bersama”

360
Hiu dan buaya air asin makan bangkai seekor paus (doc. sains kompas)

Australia – Pernahkah anda membayangkan dan melihat dua predator besar “makan bersama”?

Fenomena unik ini terjadi di lepas pantai Australia dimana empat hiu macan dan seekor buaya air asin “berpesta” bangkai ikan paus.

Kejadian ini terekam kamera drone milik Jeremy Tucker, seorang anggota kru kapal operator tur Australia September 2017 silam yang kemudian diunggahnya ke media sosial.

Hasil postingan itu menarik perhatian Austin Gallagher seorang ahli hiu sekaligus kepala ilmuwan di organisasi konservasi Beneath The Waves yang kemudian bertemu dengan Jeremy Tucker. Gallager tertarik mengamati interaksi dari kedua predator besar tersebut. Dalam laporannya di Journal of Ethology menyebutkan bahwa peristiwa itu adalah catatan pertama yang terdokumentasi tentang predator hiu dan buaya air asin makan bersama-sama.

Baca juga :  Berapa Kalori yang Dibakar Saat Berhubungan Seks?

Mengutip dari Newsweek, “Memakan bangkai adalah suatu komponen penting bagi ekologi keseluruhan spesies hampir di semua ekosistem”.

“Mengingat adanya manfaat energetik dari cara mencari makan seperti ini, predator oportunistik akan menyesuaikan perilakunya sesuai untuk memaksimalkan akses. Kami melaporkan dan mendiskusikan perilaku dari hiu dan buaya dengan harapan adanya pengetahuan baru tentang interaksi antara para predator yang jarang terlihat bersama meski mungkin akan saling melengkapi dalam konteks lebih spesifik,” imbuhnya.

Hiu dan buaya saling melengkapi di lingkungan lepas pantai. Padahal, dalam sebagian besar dokumentasi, kedua spesies ini hanya berinteraksi antara satu spesies dewasa dan yang lain anak-anak. Dengan kata lain, hanya sedikit yang mengetahui interaksi antara buaya dewasa dengan hius dewasa, dalam hal ini hiu macan.

Baca juga :  Gubernur Koster: Transaksi Digital Selaras dengan Tatanan Kehidupan Era Baru

Hal unik yang lain adalah kebiasaan buaya air asin memakan bangkai, sedikit sekali para ahli yang mengetahui hal ini. Berbeda dari hiu macan yang memang menggantungkan hidupnya dari bangkai. Yang menjadi perhatian para ahli adalah saat mereka “makan bersama” dan tak saling mengganggu padahal kedua predator ini mempunyai reputasi yang mengerikan dan mereka biasa saling menjauhi. Para ahli juga belum mengetahui mengapa kedua predator ini saling menjauhi.

Analisa para ahli menyebutkan kemungkinan karena besarnya bangkai itu membuat kedua predator ini tidak merasakan ancaman satu sama lain.(*)

(sumber : sains kompas)

Facebook Comments

About Post Author