TNI AL Siap “All Out” Amankan Pelaksanaan IMF

251

Denpasar, Theeast.co.id — Menjelang hajatan akbar pelaksanaan pertemuan “International Monetary Fund” (IMF) Oktober mendatang, jajaran TNI Angkatan Laut (AL) siap “all out” mengerahkan seluruh kemampuan dan kekuatannya untuk mengamankan kegiatan tersebut.

“Wilayah Bali dikelilingi oleh laut dan harus kita jaga dari sisi keamanannya, tentunya dengan melibatkan unsur-unsur kapal perang RI (KRI) dibantu gugus tugas yang dibentuk oleh TNI AL untuk mengamankan seluruh rangkaian kegiatan IMF,” ujar Komandan Lantamal V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edwin, SH., Jumat (20/7).

Pernyataan itu disampaikan perwira tinggi (Pati) berbintang satu tersebut usai bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) sekaligus memimpin pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, dari Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, SE., kepada Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko di Mako Lanal Denpasar.

Sertijab dalam suatu organisasi merupakan bagian dari pembinaan personel untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perwira untuk mengembangkan karier serta mengaktualisasikan kemampuan konseptualnya guna mewujudkan kinerja organisasi yang lebih baik. Hal ini diharapkan dapat menciptakan pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran guna terus meningkatkan kualitas kinerja, baik bagi organisasi maupun personel yang bersangkutan.

Baca juga :  Wabup Suiasa Apresiasi Rencana Media Group Bangkitkan Pariwisata Badung

“Rangkaian kegiatan penyegaran ini sangat penting dilaksanakan juga sebagai ajang promosi bagi pejabat lama untuk jabatan yang baru, kemudian memberikan kesempatan untuk mengaktualisasikan kemampuannya. Karena setiap perwira memiliki kemampuan dan pemikiran guna memajukan organisasi. Variasi ini sangat kita butuhkan di dalam pengembangan organisasi untuk menjawab tantangan di masa mendatang,” kata Laksma Edwin.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar merupakan satuan kerja yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Lantamal V, yang mempunyai tugas pokok, yaitu menyelenggarakan dukungan logistik bagi unsur TNI AL atau satuan lain yang berada di wilayah kerjanya.

Dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, Pangkalan bekerja sama dan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya serta terus menerus meningkatkan kemampuannya melalui upaya-upaya serius dengan mensinergikan segenap kemampuan yang dimiliki guna terlaksananya tugas dan fungsi Pangkalan demi mewujudkan pencapaian kinerja yang terbaik.

Baca juga :  TNI-POLRI Tingkatkan Pengamanan Perayaan Paskah 2021 di Belu

Semasa kepemimpinan Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa, SE., telah mengharumkan nama satuan menjadi juara umum ketiga kejuaraan nasional “4th Setu Mok’s Taekwondo Competition” (2016). Juga juara umum kedua kejuaraan internasional “BNN Challenge Bali Open Taekwondo International” dengan perolehan 2 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Selain menyandang predikat juara lainnya juga berhasil menggagalkan penyelundupan baby lobster, serta sukses mendukung kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018.

“Semua ini merupakan prestasi yang membanggakan, disamping peningkatan kinerja organisasi lainnya,” puji Danlantamal V.

Kepada pejabat baru Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Danlantamal V berpesan agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai implementasi pelaksanaan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Tri Sila TNI AL juga sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Baca juga :  Pertamina Tetapkan 7 Lembaga Penyalur Premium di Bali

“Pahami dan hayati apa yang menjadi “job dsicription” sesuai jabatan yang diemban. Cermati dinamika lingkungan sekitar agar mampu mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi secara tepat dan proporsional dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas. Serta tingkatkan profesionalisme prajurit yang bermoral dan beretika,” perintah Laksma Edwin, seraya mengingatkan untuk selalu memelihara dan meningkatkan soliditas antarasesama prajurit TNI, Polri, dan instansi serta rakyat di mana pun bertugas.

Turut diserahterimakan jabatan Kadiskum Lantamal V yang selama ini dipercayakan Letkol Laut (KH) Ida Kade Adnyana, SH., MH., kepada penggantinya Letkol Laut (KH) Totok Sumarsono, SH., MH., M.Tr.Hanla.(CV)

Facebook Comments