Kadis Kesehatan Belu Terkesan “Sembunyikan” Data Kasus DBD

268

Atambua, Theeast.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice M.M Manek terkesan “menyembunyikan” data kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL.

Dilansir media ini dari akhir bulan januari sampai tanggal 4 Maret 2020, jumlah kasus DBD terus meningkat.

Informasi terakhir yang dihimpun para awak media hingga hari ini Kamis (19/03/2020), sudah mencapai 413 kasus dan sekitar 6 orang meninggal dunia dengan belum juga dinyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hanya saja itu bukan pernyataan resmi dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Belu. Para awak media sudah kesulitan mendapatkan rekapan jumlah kasus DBD di Kabupaten Belu sejak beberapa minggu terakhir.

Baca juga :  Cinta Kasih Anggota TNI Kepada Balita Didaerah Perbatasan

Sementara berdasarkan informasi jumlah kasus DBD terus melonjak dan bertambah pula jumlah korban meninggal dunia dari kasus DBD di Kabupaten Belu.

Terakhir dilansir oleh salah satu media online di Kabupaten Belu, Gerbangindonews.com, dimana awak medianya berusaha menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice Manek yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (19/03/2020) sekitar pukul 10.42 wita terkait jumlah kasus DBD mengaku pihaknya masih mendata (hitung) jumlah pasien DBD.

Wartawan media ini kembali menghubungi pada pukul 12.53 wita, Kadis Joice begitu akrab dikenal masih mengaku pihaknya sementara merekap data jumlah pasien DBD tersebut dan akan menginformasikan setelah selesai merekap.

Namun hingga sore dan berita tersebut direlease (19/03), tidak ada informasi dari Kadis Kesehatan terkait jumlah kasus DBD di Kabupaten Belu.

Baca juga :  Perkenalkan Program "Cuti Berbayar Bagi Orangtua" Secara Global, Johnson & Johnson Perkuat Reputasi Sebagai Salah Satu Perusahaaan Paling 'Ramah Keluarga' Di Dunia Sekaligus 'Employer Of Choice'

Kejadian serupa kembali dialami awak media ini bersama wartawan RRI Atambua.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dr. Joice M. M. Manek, M.P.H saat dikonfirmasi pagi tadi, Selasa (24/03/2020) mengatakan bahwa dirinya belum mengecek datanya.

“DBD tunggu e… DBD terakhir ko saya belum lihat e…, ” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice M.M Manek ini juga berjanji nantinya akan memberikan data tersebut.

“Menyusul… Ya…, “demikian kalimat singkat dari dr. Joice Manek.

Hingga berita ini diturunkan pum, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu ini belum juga memberikan data kasus DBD di Kabupaten Belu. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author