Mahasiswa Udayana Kampanye Virtual Go Away Covid-19

350
Mahasiswa Udayana Kampanye Virtual Go Away Covid-19/theeast.co.id
Mahasiswa Udayana Kampanye Virtual Go Away Covid-19/theeast.co.id

DENPASAR, Theeast.co id – Suasana pandemi beberapa minggu terakhir menimbulkan stress dan depresi bagi sebagian besar orang yang belum beradaptasi dengan rutinitas baru. Melihat keadaan tersebut, Go Away COVID-19 hadir sebagai kampanye sosial dengan platform instagram yang berkomitmen menyebarkan positive vibes kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kampanye virtual ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Udayana angkatan 2017.

Kampanye ini hadir dalam beberapa bentuk, diantaranya, pertama, kampanye rutin. Kampanye ini berupa postingan rutin harian berisi informasi terkait dengan pandemi yang dibagi ke dalam beberapa rubrik, diantaranya Weeklys Quote, You Must Know, You Must To Be, You Must To Do, You Must List dan You Must Eat. Kedua, kampanye spesial. Kampanye ini berupa kampanye yang dilakukan pada waktu tertentu dan melibatkan pengikut instagram Go Away Covid-19, diantaranya Fun Challenge dan Virtual Holiday Instagram Filter. Sebagai puncak dari kampanye, Go Away Covid-19 melaksanakan special event berupa webinar talkshow bersama para narasumber inspiratif di tengah pandemi virus corona.

Latar belakang Webinar Talkshow


Di era dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini adalah berbagai kemudahan ditawarkan dalam segala aspek dalam kehidupan, termasuk dalam hal menciptakan konten (content creation) di media sosial. Fitur media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten yang dapat diakses banyak orang disertai hadirnya berbagai piranti pendukung penciptaan konten berperan besar membentuk aktivitas content creation sebagai tren rutinitas baru di tengah masyarakat.

Momen pandemi COVID-19 pun turut dimanfaatkan masyarakat untuk menciptakan beragam jenis konten, baik itu terkait dengan COVID-19 itu sendiri atau konten lainnya yang dapat mengisi kekosongan waktu di kala menjalani masa pandemi. Saat ini, menciptakan konten menjadi viral adalah impian sebagian besar orang. Viral sendiri bermakna menggambarkan sesuatu dapat tersebar luas. Konten yang viral dapat berupa apa saja, seperti video pendek, gambar-gambar lucu. Karena dengan begitu, konten telah diakses oleh banyak orang yang tentu menimbulkan rasa penasaran terhadap bagaimana konten tersebut dibuat.

Di tengah fenomena banjir konten yang hadir sebagai imbas dari kemudahan penciptaan konten di era teknologi seperti saat ini, tentu menjadi sebuah tantangan bagi kita dalam menciptakan konten viral. Maka dari itu, kampanye Go Away Covid-19 tertarik untuk mengangkat tema “Bikin Konten Bermutu Tak Sekadar Viral”. Konten viral saja tentu tidak cukup. Membuat konten kita agar menjadi lebih bermutu akan memberi nilai tambah pada konten yang kita buat. Konten bermutu akan memberi manfaat yang dirasakan banyak orang sehingga turut terinspirasi.(red/*).