Pangkoarmada II, Pimpin “Briefing Akhir” Latopslagab 2020

Pangkoarmada II, Pimpin “Briefing Akhir” Latopslagab 2020/theeast.co.id

Pangkoarmada II, Pimpin “Briefing Akhir” Latopslagab 2020/theeast.co.id

PANGKOARMADA II. Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto menyampaikan apresiasi atas inovasi para peserta latihan pada “Briefing Akhir” Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun 2020 di Auditorium Puslatkaprang pada Selasa (15/09/2020). Foto : Tim Pen2.

SURABAYA, The East Indonesia – Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto menyampaikan apresiasi atas inovasi para peserta latihan pada “Briefing Akhir” Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) Tahun 2020 di Auditorium Puslatkaprang pada Selasa (15/09/2020).

Pada briefing akhir Latopslagab 2020 kali ini, Pangkoarmada II berharap semakin meningkatnya profesionalme prajurit dalam mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI dihadapkan pada pesatnya kemajuan teknologi di era globalisasi dan dinamika lingkungan strategis yang berkembang saat ini.

“Setelah mendengar paparan dari seluruh komponen latihan, kita patut bersyukur karena seluruh rangkaian Latihan Operasi Laut Gabungan Tahun 2020 dapat kita laksanakan dengan lancar dan tidak ada kerugian baik personel maupun material“ ungkap Pangkoarmada II.

Heru-sapaan karib orang nomor satu di Koarmada II yang sekaligus sebagai Direktur Latihan pada Opslagab tahun 2020 ini menambahkan, “Sejenak kita flashback, bahwa sebagai prajurit TNI AL, yang merupakan komponen utama pertahanan negara dilaut memiliki kewajiban, menjaga integritas wilayah NKRI, mempertahankan stabilitas keamanan dilaut serta melindungi sumber daya alam di laut dari berbagai gangguan dan ancaman.

Di sini ada 2 (dua) dimensi dalam menjaga keamanan dilaut, yaitu dimensi kedaulatan dan penegakkan hukum, dimana keduanya saling terkait satu sama lain. Dalam penegakkan kedaulatan, baik untuk memenuhi kepentingan yang sifatnya nasional maupun internasional, kita sebagai prajurit di Kotama operasional TNI AL harus memiliki kemampuan yang profesional dan melakukan pembinaan kekuatan sehingga mampu menjawab setiap tantangan. Terkait hal itu, peningkatan kemampuan dan profesionalisme prajurit Koarmada II harus dilaksanakan secara terus menerus“ jelas Laksda Heru

“Saya berharap latihan ini bisa dijadikan sebagai proses pembelajaran dan pelatihan, sehingga kedepan kita lebih profesional di bidang operasi gabungan serta tidak ada kesulitan pada saat operasi yang sebenarnya. Dan selaku Dirlat, saya menyampaikan terima kasih atas inovasi seluruh peserta sehingga latihan bisa dilaksanakan dengan baik dan terlihat lebih realistis“ pungkas Jenderal Bintang Dua dipundak ini.(red/pen2).

Facebook Comments