Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, Kodam IX/Udayana Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

215
Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, Kodam IX/Udayana Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila/theeast.co.id
Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, Kodam IX/Udayana Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila/theeast.co.id

DENPASAR, The East Indonesia  – Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya secara virtual mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan langsung di Halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Kamis (1/10/2020)

Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo tersebut sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan sejumlah pejabat tidak hadir di lokasi, melainkan mengikuti jalannya upacara secara virtual dari kantor masing-masing.

Dengan mengusung tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”, Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan penghormatan dan laporan Komandan Upacara Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap, S.T., M.M., kepada Presiden RI selaku Inspektur Upacara yang telah bersiap di podium.

Baca juga :  Silang Pendapat Soal Privat Party Ekspatriat, Begini Kronologi Kejadiannya

Berikutnya, rangkaian upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para Pahlawan, kemudian pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan juga pembacaan Naskah UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar serta menandatanganinya.

Ketiga pimpinan parlemen negara itu hadir fisik di Monumen Pancasila Sakti. Sementara sebagai penutup upacara, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK RI) Muhadjir Effendi membacakan doa untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Sementara itu, di Aula Makodam IX/Udayana, upacara diikuti secara sederhana dan penuh khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan hadir mendampingi Kasdam antara lain Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana serta Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Dan/Ka Balakdam IX/Udayana. (red/Pendam IX/Udayana)

Facebook Comments

About Post Author