Perketat Pengawasan Pintu Masuk Bali, 24 Orang Dikembalikan ke Ketapang

181
Perketat Pengawasan Pintu Masuk Bali Hadapi Libur Panjang, 24 Orang Dikembalikan ke Ketapang/theeast.co.id

DENPASAR, The East Indonesia – Menghadapi liburan panjang tanggal 28 November 2020 sampai dengan 1 November 2020 mendatang, Kodam IX/Udayana bersama instansi terkait memperketat beberapa titik yang berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19 dan mencegah agar tidak terjadi kluster baru. Demikian disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., pada rilis tertulisnya di Denpasar, pada Selasa (27/10/2020).

Penebalan personel diterjunkan untuk memperketat akses-akses masuk khususnya ke Pulau Bali seperti di Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai kemudian Bandara Ngurah Rai dan Terminal Ubung serta Mengwi. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar penumpang tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan juga bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Bali agar dilengkapi juga dengan surat hasil Rapid Test yang berlaku.

Baca juga :  Satgas Covid-19 KRI Teluk Ende-517 Kembali Debarkasikan 2000 Paket Sembako, Masyarakat Pulau Kangean dan Sapeken Jadi Target

“Walaupun kita belum bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir, namun kita harus senantiasa waspada dan berjaga-jaga agar kita tidak tertular,” ucap Kapendam.

Selain itu, kesadaran masyarakat harus terus ditingkatkan dan petugas-petugas di lapangan akan terus mendisiplinkan masyarakat agar senantiasa melaksanakan Prokes.

“Kepada masyarakat yang akan ke Bali, harus dilengkapi dengan surat hasil Rapid Test, karena terhitung mulai tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober kemarin, di Pelabuhan Gilimanuk masih didapati sebanyak 24 orang yang tidak melengkapi surat hasil Rapid Test, akhirnya petugas memutarbalikkan kembali ke Pelabuhan Ketapang,” tambah Kapendam.

Kegiatan lain yang akan dilakukan selama libur panjang ini adalah petugas akan memastikan masyarakat melaksanakan Prokes di beberapa tempat fasilitas umum yang cendrung menjadi tempat kerumunan orang, seperti tempat wisata, tempat ibadah dan pusat perbelanjaan.

Baca juga :  Kasdam IX/Udayana Terima Audiensi Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali

Kampanye Prokes pun terus dilaksanakan secara masif seperti himbauan kepada masyarakat yang mengunjungi fasilitas umum agar mematuhi Prokes, himbauan agar melakukan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dan kepada pelaku usaha agar menyiapkan perlengkapan thermo gun, hand sanitizer dan alat cuci tangan.

“Kodam IX/Udayana akan terus All Out dalam melaksanakan pendisiplinan Prokes, diharapkan dengan kegiatan pendisiplinan ini kita dapat menekan angka penyebaran Covid-19 ini khususnya di wilayah Bali Nusra,” demikian harap Kapendam. (red/Pendam IX/Udayana)

Facebook Comments

About Post Author