Kembalikan Kondisi Hutan, PDI Perjuangan Buleleng Tanam Pohon di Hutan Kedu Desa Panji

71

BULELENG, The East Indonesia – Untuk mengembalikan kondisi hutan sebagai penyangga air dan sumber kehidupan, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng melakukan penanaman pohon di Hutan Kedu Desa Panji Kecamatan Sukasada, Buleleng-Bali Minggu (10/1) pagi. Penanaman pohon ini dilakukan serangkaian memperingati HUT Partai PDI Perjuangan ke-48.

Penanaman pohon langsung dipimpin Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, Putu Agus Suradnyana yang juga selaku Bupati Buleleng didampingi Sekretaris DPC, Gede Supriatna, anggota Fraksi PDI-P Kabupaten Buleleng, Pengurus Partai dan juga simpatisan Partai. Pohon yang ditanam di hutan tersebut sebanyak 4.900 pohon diantaranya meliputi pohon kopi dan pohon kelapa.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan kegiatan penanaman pohon ini adalah serangkaian perayaan HUT Partai ke-48. Perayaan HUT Partai untuk di Kabupaten Buleleng dilakukan dengan Persembahyangan bersama di Monumen Bhuana Kertha Desa Panji, dilanjutkan dengan pengarahan kepada kader partai , melakukan penanaman pohon di Hutan Kedu Desa Panji, serta pada puncak hari Minggu ini dilakukan secara Virtual dengan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga :  Bertekad Turun Ke Zona Kuning, Buleleng Perkuat Vaksinasi dan PPKM

“Zoom meeting secara virtual ini merupakan yang terbesar di indoneseia karena semua akan mengikuti secara virtual dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng berwarna merah sebanyak 48,” nnkap Suradnyana.

Untuk penanaman pohon dilakukan karena melihat hutan sudah mulai mengalami kerusakan sehingga perlu kesadaran kita semua termasuk partai untuk mengembalikan kondisi hutan dengan melakukan penanaman pohon. Terlebih Hutan di Desa Kedu sangat berdampingan dengan aliran air yang sangat bersih sehingga perlu untuk digarap serius dalam hal ini.

“Ini upaya kita bersama termasuk partai untuk mengembalikan kondisi hutan. Masyarakat juga diminta untuk menjaga hutan agar tidak mengalami kerusakan yang semakin parah,“imbuh Agus Suradnyana.

Sementara itu Kepala Desa Panji, Mangku Ariawan mengatakan Hutan Desa Panji merupakan sumber airnya untuk Buleleng bagian tengah sehingga Bupati sekaligus Ketua Partai PDI Perjuangan sangat konsen terhadap pemanfaatan sumber air terutama hutan. Hutan perlu dijaga agar jangan sampai rusak karena itu perlu dilakukan penanaman pohon agar sumber air tetap terjaga.

Baca juga :  Lakukan Sterilisasi Hari Kedua, Satgas Covid 19 Serbu Pasar dan Mall

“Ada Total sebanyak 126 hektar luas hutan Desa Panji termasuk 18 hektar Hutan Desa Adat yang masuk Hutan adat yang lokasinya ada di Pura Bukit,“ungkap Ariawan. ***

Penulis – Wismaya| Editor – Igo Kleden

 

Facebook Comments