Jelang Purna Tugas, Satgas Yonif Raidersus 744/SYB Gelar Baksos Bagi Masyarakat Perbatasan

241

ATAMBUA, The East Indonesia – Menjelang akhir masa penugasan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Negara RI-RDTL sektor Timur, Yonif Raider Khusus 744/SYB menggelar bakti sosial (baksos) secara serentak yang dilaksanakan oleh Mako Satgas, Jajaran Kipur 1 dan jajaran Kipur 3 bagi masyarakat di wilayah Perbatasan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Selasa (19/02/2021).

Bakti sosial yang dilakukan oleh pihak Satgas Pamtas Yonif Raidersus 744/SYB ini meliputi Pembagian sembako, pengobatan gratis dan donor darah.

Disela kegiatan, pihak Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB juga memberikan sosialisasi terkait pandemi covid-19 kepada masyarakat sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian kita kepada masyarakat di perbatasan di masa pendemi covid-19.

Baca juga :  Karya Bakti Daerah Tahap I Tahun 2019 Kelurahan Semangi Pasar Kliwon Kota Surakarta Hari Ke 12 Mencapai Hasil 60 Persen

“Satgas terus mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu wajib bermasker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak”, kata Dansatgas.

Lanjutnya, kegiatan bakti sosial itu dalam bentuk penyuluhan kesehatan, donor darah oleh sembilan personel satgas, pengobatam gratis bagi 25 orang dan pembagian sembako kepada 30 orang. Bingkisan lainnya diberikan juga buat Kepala Puskesmas Umanen, Kepala Kepala UPTD PMI Atambua, Nakes PMI, Nakes Puskesmas Umanen dan staf kelurahan.

Pembagian sembako diberikan secara simbolis oleh Dankima Satgas Lettu Inf Paulus P. Kedang, Camat Umanen dan Pabintal Satgas Letda Inf Ikmal.

Diterangkan selain kegiatan Baksos di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, juga dilaksanakan oleh pos Damar jajaran Kipur 1 dan beberapa pos jajaran Kipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB yang dilaksanakan secara door to door.

Baca juga :  Sinergitas Membangun Bangsa, Kodim 0505/JT Gelar Komsos Bersama Aparat Pemerintah

Dokter Satgas, dr. Rukmana Wijayanto menyampaikan warga memang harus rajin untuk diingatkan dan dirinya yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan memiliki kewajiban moral untuk mengingatkan dan menghimbau.

“Kami memiliki kewajiban moral untuk menghimbau dan mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, karena mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahkan menyadari betapa berbahayanya virus Covid-19 terhadap kesehatan, terutama mereka yang memiliki penyakit bawaan yang justru dampaknya sangat berbahaya dan mengancam jiwa penderitanya itu sendiri. Kami juga menjelaskan bagaimana ciri dan karakter Virus Covid-19 ketika virus tersebut menyerang, termasuk memberi gambaran cara mengatasinya karena virus ini bisa disembuhkan sehingga harapannya warga tidak perlu takut namun juga jangan lengah, ” sebutnya.

Sementara, Bambang selaku Camat Umanen manyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB.

Baca juga :  Perkuat Sinergitas Wilayah Binaan Babinsa Koramil Penajam Komsos Bersama Tiga Pilar

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Satgas Yonif RK 744 dengan menggelar Baksos ini, dimana ini adalah wujud kepedulian dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ini yang saat ini memang sangat dibutuhkan warga, semoga hal seperti ini dapat terus dilaksanakan oleh satgas berikutnya. Sekali lagi terima kasih banyak kepada Satgas yang telah mengadakan Baksos di tengah pandemi Covid saat ini.” ungkapnya

Blasius Dominiti (67) warga Umanen sangat bersyukur dan berterima kasih atas baksos berupa pembagian sembako dan pengobatan gratis termasuk sosialisasi covid-19 yang diberikan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat menyentuh dan bermanfaat bagi warga desa Umanen khususnya warga perbatasan RI-RDTL. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author