Lagi 84 Personil Kodam IX/Udayana Disiapkan ke Papua

25
PELATIHAN. Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf. Joao Xavier Barreto Nunes membuka latihan Pratugas Satuan BKO Kodim Persiapan Gelombang III di Aula I Gusti Ngurah Rai Rindam IX/Udayana Bali, Kamis (20/5). FOTO - IST.

DENPASAR, The East Indonesia – Sebanyak 84 personil Kodam IX/Udayana kini disiapkan lagi untuk back up  Papua. Hal itu disampaikan Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) IX/Udayana Kolonel Inf. Joao Xavier Barreto Nunes saat secara resmi membuka latihan Pratugas Satuan BKO Kodim Persiapan Gelombang III di Aula I Gusti Ngurah Rai Rindam IX/Udayana Bali, Kamis (20/5/2021).

“Puluhan personil ini akan di-BKO-kan ke wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari di wilayah Papua. Pratugas Gelombang II sudah digelar sekitar 6 bulan yang lalu dan Pratugas Gelombang I sudah digelar tahun 2020 lalu. Semuanya sudah di-BKO-kan ke Papua,” kata Kolonel Barreto Nunes.

Sementara Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam  amanatnya yang dibacakan  Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf. Joao Xavier Barreto Nunes  menegaskan, bahwa latihan pratugas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta menguji aparat teritorial BKO di Kodim persiapan wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari TA 2021.

Baca juga :  Setelah Dua Pasien Covid-19 di Nyatakan Sembuh, Dandim 1407/Bone : Kini Zero Kasus, Kita Tidak Boleh Kendor Terapkan Prokes

“Kepada seluruh peserta latihan agar mengikuti latihan dengan serius dan sungguh-sungguh agar pelaksanaan tugas di daerah penugasan dapat berhasil sesuai harapan,” ujarnya.

Selain materi taktik dan tehnik bertempur, para prajurit ini dibekali ilmu keterampilan meliputi ilmu pertukangan, pertanian dan perkebunan serta bahasa dan budaya masyarakat Papua.

Latihan pratugas ini diikuti 84 orang prajurit jajaran Kodam IX/Udayana dan akan berlangsung selama 21 hari.

Hadir pada acara tersebut Wadan Rindam IX/Udayana, para Dansatdik, Para Kabag dan Kadep jajaran Rindam IX/Udayana. Setelah menjalani latihan, para peserta akan segera diberangkatkan ke sejumlah Kodim persiapan di wilayah Papua.***

Penulis – Axelle Dhae|Editor – Igo Kleden

Facebook Comments