Tingkatkan Pelayanan Publik di Belu, Era AT-AHS Buka Hotline Pengaduan Masyarakat Selama 24-7

114
FOTO : Tingkatkan Pelayanan Publik di Belu, Era AT-AHS Buka Hotline Pengaduan Masyarakat Selama 24-7.(Tim)

ATAMBUA, The East Indonesia – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM terus berbenah.

Kali ini, untuk menampung semua aspirasi masyarakat terutama dalam merespon tuntutan masyarakat terkait pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Belu meluncurkan hotline pengaduan masyarakat yg diklaim sebagai quick response (respon secara cepat) yang siap dihubungi selama 24 jam dan 7 hari seminggu.

Pemerintah Kabupaten Belu menyediakan nomor telepon aduan (panggilan, SMS, Whatsapp) untuk dihubungi mengatasi pengaduan warga yaitu 082253392787.

Hotline ini dibuka berdasarkan instruksi Bupati Belu melalui surat Nomor BO.060/58/VII/2021 Tanggal 13 Juli 2021 Perihal Nomot Telepon Aduan Layanan Publik yg ditujukan kepada semua pimpinan OPD termasuk camat dan kepala kelurahan.

Baca juga :  Koarmada III Prioritaskan Putra Daerah pada Rekrutmen Prajurit Strata Bintara dan Tamtama

“Intinya, pemerintah membuka ruang untuk menerima masukan, kritik dan saran terkait penyelengaraan layanan publik di Kabupaten Belu. Admin hotline ini siap menerima aduan masyarakat. Setelah diverifikasi, akan diteruskan ke OPD terkait, dan dalam waktu 1×24 jam diharapkan pimpinan OPD terkait memberikan respon yang akan disampaikan kembali oleh admin kepada pelapor, ” Ungkap Kadis Kominfo Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya Rabu, (14/07/2021).

“Masyarakat diharapkan memanfaatkan saluran ini sebagai upaya perbaikan layanan publik Pemkab Belu, dan tidak menggunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab atau untuk hal-hal yang sifatnya iseng,” ungkap Jap, sapaan akrab pria yang juga adalah Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Belu ini.

Baca juga :  Bahas KUA PPAS Th 2022, Dewan Fokuskan Ke Program Kerakyatan

Berdasarkan tembusan yang diterima oleh redaksi, terdapat 5 point dalam surat yang ditandatangani oleh Bupati Belu ini, yaitu: 1. Pimpinan OPD wajib memberikan tanggapan, penjelasan dan tindaklanjut sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, 2. Tanggapan pimpinan OPD akan diteruskan kepada masyarakat melalui admin hotline, 3. Tanggapan dan jawaban pimpinan OPD akan dikompilasi pada hari berikutnya, 4. Para camat agar meneruskan nomor telepon ini kepada para kepala desa dan Lurah untuk diteruskan kepada masyarakat dan 5. Lampiran alur proses.

Jap juga menjelaskan untuk mendapatkan pelayanan publik, masyarakat yang akan melakukan pengaduan dapat menghubungi Call Center, 082253392787 melalui panggilan, SMS ataupun WhatsApp dengan menguraikan kronologi laporan dengan jelas dan lengkap, menyebutkan tempat dan waktu serta apabila tersedia bisa lampirkan juga bukti pendukungnya. (Ronny)

Facebook Comments