Bali Dapat Sumbangan 70 Konsentrator Oksigen dari Gojek

27
SUMBANGAN. Gubernur Bali, Wayan Koster menerima bantuan 70 konsentrator oksigen yang disumbangkan oleh GoTo. FOTO -IST.

DENPASAR, The East Indonesia – Pemerintah Provinsi Bali mendapatkan bantuan  70 konsentrator oksigen yang disumbangkan oleh GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Sumbangan ini merupakan dukungan terhadap Pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Sesungguhnya total yang disumbangkan tersebut lebih dari 1.000 konsentrator oksigen. Melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Bali hanya kebagian 70 konsentrator, karena harus disebar ke seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkannya. Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96%.

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didirikan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi, sudah menyerahkan 50 unit konsentrator oksigen bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Kabupaten dan Kota melalui Pemprov Bali pada tanggal 30 Agustus 2021 lalu, yang diterima langsung oleh Wayan Koster – Gubernur Provinsi Bali. “Secara keseluruhan, Provinsi Bali akan menerima 70 unit yang didistribusikan juga ke Kesdam IX Udayana dan Universitas Udayana,” ujar M. Chairil – VP Government Relation for Regional Operational Excellence Gojek, Kamis (2/9/2021).

Baca juga :  Koster Paparkan Pembangunan Bidang Kesehatan Menuju Bali Era Baru Ke Komisi IX DPR RI

Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), yang dilanjutkan dengan penyerahan ke Pemprov Jabar, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Bantul, Sleman dan Kulon Progo, Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkot Malang. Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama, yang diinisiasi oleh GoTo, sebuah gerakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan COVID-19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster mengatakan, Bali masih membutuhkan banyak oksigen untuk seluruh rumah sakit rujukan Covid19 baik pemerintah maupun swasta. Ia berharap bantuan dari berbagai pihak swasta agar Bali jangan sampai kekurangan oksigen. “Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas dukungan pihak swasta dalam hal ini GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial dalam mendukung Pemerintah dalam penanganan Covid-19 dengan mendonasikan 50 buah konsentrator oksigen yang akan sangat membantu kita dalam penanganan Covid-19 di Bali,” ujarnya.

Baca juga :  Wajib Tahu, 16 Tanda Menunjukkan Orang Terinfeksi HIV/AIDS

Menurut Gubernur yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin serta Kadiskes Provinsi Bali Ketut Suarjaya, melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen tersebut akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen, terutama bagi pasien yang harus dirawat di RS. Bantuan konsentrator ini sangat berharga, oksigen jadi kebutuhan yang harus dipenuhi.***

Editor – Axelle Dhae

Facebook Comments