Tiga Tahun Beruntun Pemda Belu Raih Opini WTP

65
Pemerintah Kab. belu meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi NTT atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHPLKPD)  Kabupaten Belu Tahun 2020. FOTO - IST.

ATAMBUA, The East Indonesia – Pemerintah Daerah Belu kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi NTT atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHPLKPD)  Kabupaten Belu Tahun 2020.

Opini WTP Pemkab Belu itu diraih berdasarkan bukti audit yang dikumpulkan oleh BPK dimana pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Raihan opini WTP ditandai dengan pemberian penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung di Ruang Bupati Belu oleh pejabat yang mewakili Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, Delfiana Lase, SE didampingi Kepala KPPN Atambua, Marjanto bersama jajaran, Rabu (13/10/2021).

Penyerahan penghargaan tersebut pun diterima langsung oleh Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM didampingi Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM.

Baca juga :  Wagub Bali Apresiasi Terbentuknya Pokdarkamtibmas Bhayangkara Bali

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, PLT. Inspektur Inspektorat Belu, Nunik Widi Wahyuni, PLT. Kepala BPKAD Belu, Imelda Lotuk.

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada tim yang sudah melakukan pendampingan kepada Kabupaten Belu sehingga mendapat penghargaan Opini WTP.

“Kami akan berusaha sebaik – baiknya untuk mempertahankan dan melanjutkan hal- hal yang kurang. Setiap hari kami berusaha untuk memperbaikinya,” pungkasnya.

Diterangkan bahwa dengan proses, kerjasama, niat yang baik serta kerja keras, Bupati Agus Taolin yakin akan mencapai tujuan bersama-sama dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Belu ini berharap agar tim Keuangan terus mendampingi Pemerintah Kabupaten Belu sehingga apabila terdapat hal yang bisa dicegah, diluruskan, ditingkatkan, diperbaiki dapat diusahakan sedini mungkin.

Baca juga :  Danyonif 141/AYJP Hadiri Pencanangan Membangun Zona Integritas Di Polres Muara Enim

“Kami mohon tetap mendampingi. Ada hal hal yang bisa dicegah, diluruskan bisa ditingkatkan, diperbaiki kami usahakan sedini mungkin,” tandas Agus Taolin.

Ditambahkan, “Dengan seluruh kemampuan dan SDM yang tersedia, kami berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja secara optimal dari waktu ke waktu.”

Sementara itu Perwakilan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT, Delfiana Lase, SE mengatakan dengan tahun ini, Kabupaten Belu telah menerima Opini WTP tiga kali berturut-turut sehingga disarankan untuk dipertahankan dan perlu ditingkatkan lagi.

“Ini ketiga kalinya Kabupaten Belu mendapatkan opini WTP. Kalau penghargaan ini diterima lima tahun berturut- turut itu luar biasa dan penghargaannya pun akan disiapkan tersendiri,” tuturnya.

Baca juga :  EGK Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak di Sumba Barat

Pihaknya berharap agar kerjasama dibawah pengawasan Inspektorat mungkin bisa dikejar lagi sehingga bukan targetnya bisa didapatkan yang lebih tinggi lagi.

Perwakilan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT ini juga berjanji bahwa KPPN selalu siap mendukung semua kegiatan keuangan baik APBN, transfer Daerah, DAK maupun Dana Desa di Kabupaten Belu.

Untuk diketahui sebelumnya juga Pemerintah Daerah Kabupaten Belu telah mendapatkan raihan opini WTP pada tahun 2019 dan 2020 lalu atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHPLKPD) Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2018 dan 2019.***

Penulis – Ronny|Editor – Chris

Facebook Comments

About Post Author