Sumbang 8 Atlet Wakili NTT Pada PON Papua, Kabupaten Belu Berhasil Bawa Pulang 4 Medali

64
Atlet PON Kabupaten Belu yang meraih medali di PON XX Papua. FOTO - IST.

ATAMBUA, The East Indonesia – Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan pesta olahraga nasional di Negara Indonesia yang mana diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia.

Karena diadakan 4 tahunan maka PON sangatlah dinantikan dan menimbulkan antusiasme yang tinggi dari tiap peserta.

Setiap Provinsi di Indonesia beramai-ramai mempersiapkan para atletnya untuk bersaing mendapatkan prestasi dalam ajang tertinggi di Negara Indonesia tersebut.

Tak ketinggalan, Kabupaten Belu yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi NTT mengirim  8 atlet-nya mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2021 yang digelar di Provinsi Papua.

Ke-8 atlet tersebut terbagi pada 3 cabang olahraga (cabor) yaitu tinju, sepakbola dan  pencak silat.

Pada cabang olahraga Tinju, Kabupaten Belu mengutus 5 atlet sekaligus yaitu Mario B. Kali (elite men- 49 kg), Libertus Gha (elite men- 64 kg), Anjelina Niis (elite women- 48 kg), Yudit Maunino (elite women- 51 kg) dan Sherly A. Kase (elite women- 54 kg).

Baca juga :  Garuda Indonesia Gelar Golf Loyality Tournament 2018 Di Bali

Sementara itu, pada cabang olahraga sepak bola  terdapat 2 atlet yaitu Flabiola Soares (22 th) dan Crespo Hale (18 th).

Sedangkan pada cabang olahraga Pencak Silat, Kabupaten Belu mengutus 1 altet dari Perisai Diri yaitu Ronaldo Neno (26).

Dari ke-8 atlet, 4 diantaranya berhasil membawa pulang 2 medali perak dan 2 medali perunggu ke Provinsi NTT dan bumi Rai Belu.

Dua (2) medali perak diraih oleh Mario B. Kali dan Anjelina Niis dan 2 medali perunggu didapat oleh Ronaldo Neno dan Yudit Maunino.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kabupaten Belu, Yohanes Jefri Nahak saat diwawancarai awak media The East Indonesia, Kamis (14/10/2021) sangat mengapresiasi para atlet Belu yang sudah mewakili NTT pada PON XX di Papua.

Baca juga :  Kodim Bangli Gelar Kegiatan Tes Kesegaran Jasmani Periodik 2019

Pihaknya merasa bangga atas kerja keras dan prestasi yang diraih oleh kedelapan atlet.

“Sebagai lembaga otoritas keolahragaan di Kabupaten Belu, kita sangat mengapresiasi atas perjuangan dan upaya dari kedelapan atlet kita yang diikutsertakan mewakili Provinsi NTT pada PON di Papua,” tandasnya.

Ditambahkan, Anak-anak sudah berjuang secara maksimal dan kita sudah melihat hasilnya baik itu dari cabang olahraga tinju, sepakbola maupun pencak silat.”

Secara lebih khusus dan istimewa, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) cabang kabupaten Belu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet dari Kabupaten Belu yang telah memberikan prestasi pada event Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021.

“Secara istimewa kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mario Kali, Anjelina Niis, Yudit Maunino dan Ronaldo Neno yang telah membuat prestasi luar biasa di PON Papua. Ini suatu kebanggaan bagi kita masyarakat Kabupaten Belu dan secara umum Provinsi Nusa Tenggara Timur,” tutur Epy Nahak.

Baca juga :  Denzipur 3/ATD dan Yonkav 7/PS Melaksanakan Lomba BDM Tingkat TNI AD

Ketua KONI Belu mengatakan bahwa saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak Pemerintah untuk melakukan penjemputan dan memberikan penghargaan kepada para atlet tersebut.

“Saat ini kita lagi berkoordinasi untuk melakukan penjemputan kepada para atlet kita yang sudah mengukir prestasi pada PON dua puluh di Papua,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Belu.

Pihak KONI Belu juga berharap dengan adanya prestasi dari para atlet Belu di kancah Nasional ini dapat membangkitkan semangat bagi para atlet dan calon atlet dari 14 cabang olahraga di Kabupaten Belu untuk berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Penulis – Ronny|Editor – Christ

Facebook Comments