Beda Cicilan Beda Tanggal Bayar: Bagaimana Cara Mengaturnya?

285
FOTO : Beda Cicilan Beda Tanggal Bayar: Bagaimana Cara Mengaturnya.(tim)

DENPASAR, The East Indonesia – Punya cicilan di berbagai fasilitas bank memang bikin kita harus pintar dalam menerapkan manajemen utang dengan baik. Sayangnya, kalau sedikit saja kita lengah maka urusan cicilan ini bisa jadi serius loh.

Kita bisa kena denda keterlambatan bayar, yang mengakibatkan mengganggu alokasi pengeluaran. Kalau 1 cicilan saja yang terkena denda masih aman, tapi kalau ada lebih dari 1? Wah, bikin sakit kepala.

Ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan ketika memiliki beberapa cicilan di fasilitas bank yang berbeda dan tanggal bayar yang berbeda pula:

  1. Catat dan Buat Notifikasi

Pastikan seluruh cicilan tercatat dengan baik. Apakah Anda tergolong orang yang suka mencatat secara manual atau menggunakan aplikasi notepad di smartphone? Sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing ya.

Baca juga :  Gubernur BI Nilai Pariwisata Pilihan Tepat Untuk Ekonomi Indonesia

Selain itu, alangkah lebih baik pasang notifikasi 2-3 hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran agar kita bisa mempersiapkan dengan benar.

2. Beda Fasilitas = Tambah Biaya

Cek kembali berapa biaya administrasi bulanan yang sudah kamu habiskan untuk membayar. Terkadang tanpa kita sadari, alokasi budget bulanan habis hanya untuk membayar biaya administrasi bulanan karena cicilan ada di beberapa tempat yang berbeda-beda.

Jika pos cicilan membengkak, mulailah mencari informasi produk bank yang memberikan fasilitas bebas biaya administrasi, provisi dan lainnya agar Anda bisa menghemat lebih banyak anggaran.

3. Bedah Utang

Cara paling ampuh adalah melakukan bedah utang sebagai bagian dari manajemen utang yang baik. Bedah utang membantu Anda untuk mengatur kembali cicilan-cicilan Anda yang berada di fasilitas yang berbeda

Baca juga :  BI: Jangan Harap Keajaiban Rupiah Bila Impor Lampaui Ekspor

Bedah utang memungkinkan Anda untuk menaruh cicilan di satu tempat dengan jangka waktu yang lebih panjang. Sehingga cicilan per bulannya pun lebih ringan dan Anda dapat mengatur ulang alokasi keuangan bulanan dengan lebih baik.

Manfaatkan fasilitas Bedah Utang BPR Lestari saja! Anda punya kesempatan untuk meringankan cicilan hingga 50%. Urusan atur cicilan? Percayakan ke Bedah Utang BPR Lestari saja.**

 

 

Facebook Comments

About Post Author