KBRI Paris Dukung Kegiatan Pekan Budaya Indonesia di Kota Perenchies, Paris

13
FOTO : PEKAN BUDAYA - Kegiatan Pekan Budaya Indonesia di Kota Perenchies, Paris.(tim)

PARIS, The East Indonesia – KBRI Paris mendukung penuh kegiatan dari Asosiasi Sourire d’Indonesie untuk memperkenalkan Indonesia kepada para murid sekolah di Perenchies. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu program utama KBRI Paris di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Asosiasi Sourire d’Indonesie di Kota Perenchies memiliki komitmen tinggi dalam memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Prancis. Tidak hanya itu, asosiasi ini juga aktif dalam membantu anak-anak dan sekolah di Desa Apuan – Tabanan Bali.

Selama sepekan, lebih dari 400 murid sekolah dasar dan menengah menerima materi penjelasan tentang Indonesia, khususnya Jawa dan Bali. Materi tentang geografi, pendidikan, sosial budaya Indonesia disajikan dalam poster dan presentasi video ini dilaksanakan sejak 15-20 November 2021 di aula gedung pertemuan kota.

Baca juga :  Ny Putri Koster: PKB Adalah Ajang Eksklusif IKM, Tonjolkan Produk-produk Primer

Secara terpisah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Prancis, Warsito menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pengenalan tentang pendidikan dan budaya Indonesia kepada para murid di SD dan SMP Prancis. Setidaknya lebih dari 1500 murid di tahun ini menerima materi seperti ini, dan kegiatan ini akan terus dilakukan pada masa mendatang.

“Para siswa dan pengajar yang turut hadir mendampingi para murid sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat mengenal budaya dan pendidikan dari negara lain, khususnya Indonesia. Atdikbud Paris sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berterimakasih kepada asosiasi dan juga Kota Perenchies,” ujar Warsito pada Sabtu (20/11).

Baca juga :  Walikota Denpasar Minta Tanamkan Etika Pada Anak Dengan Mendongeng

Presiden Asosiasi, Francette Waterblez melaporkan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan. Ke depan, akan diupayakan kegiatan yang mendekatkan antara murid di Perenchies dan di Indonesia. “Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dengan KBRI Paris,” tuturnya.

Kegiatan ini ditutup dengan malam seni budaya yang dihadiri oleh sekitar 175 orang peserta terdiri dari perwakilan tokoh masyarakat, guru dan murid. Pada malam seni budaya, ditampilkan berbagai seni tari asal Jawa dan Bali.

Tari Sesaji dari Bali ditampilkan oleh warga Perenchies yang sebelumnya mengikuti pelatihan tari. Para penari professional menampilkan Tari Jathilan, Tari Kembang Girang, Tari Jaipongan, dan Tari Topeng. Selain itu juga ditampilkan video tentang Indonesia dan destinasi wisata. Masyarakat Perenchies sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca juga :  Gubernur akan Perkuat Peran PHDI Bali

Perenchies adalah sebuah kota di bagian utara Prancis, sekitar 2,5 jam dari Paris, kota berpenduduk 8,5 ribu jiwa. Karena merupakan bagian dari Kota Metropolitan Eropa – Lille, kota Perenchies sangat strategis dengan aktivitas pembangunan yang dinamis. Posisi geografis ini, yang menjadikan penduduk Perenchies sangat terbuka berinteraksi dengan budaya luar.

Walikota Perenchies, Valerie Provot dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Melalui kegiatan ini, para generasi muda Perenchies memiliki cakrawala dan pengetahuan tentang Indonesia,” kata dia. Selaras dengan itu, Ibu Brigitte Liso, Depute juga menyampaikan hal yang sama dan berterima kasih kepada KBRI Paris atas kerja sama ini.

Sumber – Humas|Editor – Christovao

Facebook Comments