Pertuni Buleleng Tetap Semangat, Berkarya dan Berprestasi Demi Kemajuan Daerah

98
Musyawarah Cabang IV Pertuni Kabupaten Buleleng di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Kamis (15/6).FOTO - IST.

SINGARAJA, The East Indonesia – Penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng termasuk anggota Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) sudah menunjukan prestasinya pada berbagai bidang seperti seni budaya geguntangan, seni musik rindik. Di bidang olahraga anggota Pertuni Buleleng sudah bisa mendulang medali emas, perak dan perunggu untuk cabang Atletik di ajang kompetisi olah raga nasional khusus penyandang disabilitas yakni Pekan Paralimpic Games Tahun 2022 di Provinsi Papua.

“Hal ini membuktikan menjadi penyandang disabilitas bukan halangan untuk berprestasi. Untuk itu saya berpesan agar anggota Pertuni tetap semangat, berkarya dan berprestasi demi kemajuan Buleleng,” ucap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng Made Rousmini dalam sambutannya saat membuka acara Musyawarah Cabang IV Pertuni Kabupaten Buleleng bertempat di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Kamis (15/6).

Baca juga :  Sambut HUT Ke-76 TNI AL, Koarmada II Sumbang 550 Kantong Darah Dan Pemberian Tali Asih

Rousmini menerangkan bahwasannya Pertuni berdiri sejak Tahun 1966, merupakan organisasi kemasyarakatan tuna netra yang berfungsi sebagai wadah konsultatif, pembinaan dan penyalur aspirasi tuna netra. Sebagai salah satu organisasi disabilitas khususnya disabilitas netra, Pertuni selama ini telah berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas khususnya disabilitas netra.

Sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan kesejahteraan anggota Pertuni diantaranya peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan vokasional spa/massage, kursus bahasa Inggris, braille, bantuan aksesibilitas seperti tongkat netra, hp berbicara. bantuan pemenuhan kebutuhan dasar sembako, program PKH, bantuan jaminan kesehatan melalui KIS PBI.

“Ini adalah bentuk perhatian kami dalam upaya melindungi harkat dan martabat penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Buleleng,” imbuhnya.

Baca juga :  Danyonif 407/PK Pimpin Upacara Korp Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2019

Melalui Muscab ke- IV 2023 ini, akan dibahas kebutuhan anggota Pertuni yang sifatnya mendasar seperti peningkatan pendidikan dasar untuk anggota, pelatihan kemampuan mengakses informasi dan komunikasi, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan usaha ekonomi produktif dalam upaya kemandirian anggota Pertuni.

Sementara itu, Ketua Panitia Muscab IV Pertuni Kabupaten Buleleng Gusti Ngurah Ambara mengatakan kegiatan Muscab IV Pertuni Buleleng ini diawali dengan dibentuknya Panitia Muscab pada tanggal 12 April Tahun 2023, oleh Ketua DPC Pertuni Buleleng yang bertempat di Gedung Sekretariat Pertuni, Gedung Loka Bina Karya, Desa Kaliasem. Semenjak itulah panitia mulai bekerja diantaranya melakukan audiensi kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dan Ketua DPRD Buleleng.

Baca juga :  Wakil Bupati Badung Terima Kunjungan Bupati Lambata NTT

Pada kesempatan ini, Ngurah Ambara mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial dan pemerintah daerah karena telah banyak penyandang disabilitas anggota Pertuni Buleleng dibantu baik berupa pelatihan keterampilan pijat/massage, barista, alat bantu orientasi medan bicara.

Untuk diketahui, kegiatan Muscab IV Pertuni Kabupaten Buleleng akan kembali melantik kepengurusan baru periode 2023-2028. Hasilnya akan diputuskan setelah musyawarah dan sidang bersama panitia dan keanggotaan Pertuni Kabupaten Buleleng.***wismaya

Facebook Comments

About Post Author