Archipelago dan Agoda Bermitra untuk Memenuhi Permintaan Perjalanan yang Terus Bertumbuh di Indonesia

99
Foto : Kerjasama antara Archipelago dan Agoda.
Lebih dari 190 properti Archipelago di seluruh Indonesia kini tersedia di Flagship Store Archipelago di Agoda

JAKARTA, The East Indonesia – Archipelago, grup manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara mengumumkan kemitraan baru dengan digital travel platform Agoda, untuk memperluas pilihan bagi para wisatawan serta memperkuat kehadiran kedua brand di wilayah ini.

Melalui kolaborasi ini, 193 properti Archipelago yang mencakup hotel bisnis perkotaan, resor liburan, hingga pengalaman boutique hotel kini tersedia di platform Agoda melalui Archipelago Flagship Store yang baru diluncurkan. Pusat brand khusus ini memudahkan para wisatawan dalam menemukan dan memesan pengalaman menginap terpercaya di Indonesia seperti Aston Anyer Beach Hotel, Harper Malioboro Yogyakarta, Royal Kamuela Villas & Suites Monkey Forest Ubud, dan The Alana Hotel and Conference – Sentul City.

Popularitas Indonesia sebagai destinasi wisata terus meningkat, dan kini menempati peringkat ketiga sebagai pasar yang paling banyak dicari di Agoda pada 2025. Berdasarkan data Agoda, terjadi peningkatan sebesar 21% dari tahun ke tahun pada pencarian perjalanan ke Indonesia. Kemitraan ini bertujuan untuk menangkap permintaan dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Minat ini dipicu oleh pertumbuhan pencarian yang tinggi dari Korea Selatan (peringkat #1) sebesar 36%, diikuti Malaysia (peringkat #2), Singapura (peringkat #3), Australia (peringkat #4), dan Jepang (peringkat #5). Sementara Bali, Jakarta, dan Batam tetap menjadi destinasi yang paling diminati, destinasi berkembang seperti Labuan Bajo dan Medan juga menunjukkan peningkatan pesat, yaitu masing-masing sebesar 66% dan 47% dari tahun ke tahun dalam pencarian di Agoda.

“Bermitra dengan Agoda memungkinkan kami untuk menghubungkan portofolio brand hotel Indonesia yang terpercaya dengan audiens global. Flagship Store Agoda memberikan platform inovatif untuk mengangkat kisah brand kami dan menjangkau wisatawan secara lebih efektif, sekaligus memanfaatkan jangkauan dan keahlian  pemasaran Agoda untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan pendapatan,” ujar Chris Legaspi, Chief Commercial Officer Archipelago.
Foto : Kiri ke kanan: fave hotel Sidoarjo – East Java, The Alana Hotel & Conference Center – Sentul City, Aston Anyer Beach Hotel.

Berbeda dengan listing standar, Flagship Store Archipelago akan menjadi pusat khusus yang menampilkan berbagai portofolio properti kepada semakin banyak wisatawan dari pasar-pasar utama dan sekitarnya, sejalan dengan meningkatnya posisi Indonesia sebagai salah satu destinasi teratas dalam pencarian di Agoda. Kolaborasi ini memanfaatkan solusi pemasaran multikanal Agoda untuk meningkatkan visibilitas dan engagement terhadap portofolio grup tersebut.

“Kemitraan kami dengan Archipelago International mencerminkan komitmen berkelanjutan Agoda dalam menghubungkan para wisatawan dengan destinasi yang paling mereka minati. Kini menjadi destinasi ketiga yang paling banyak dicari di Agoda, Indonesia terus menarik perhatian global.

Dengan memperluas akses ke destinasi unggulan dan juga destinasi yang sedang berkembang, kolaborasi ini mendukung strategi pariwisata Indonesia untuk mendiversifikasi perjalanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memudahkan wisatawan dalam menemukan hotel-hotel lokal terpercaya dan membantu mitra kami menjangkau permintaan baru,” ujar Andrew Smith, Senior Vice President of Supply Agoda.

Ini merupakan kolaborasi pertama antara Archipelago dan Agoda, yang menggabungkan kekuatan brand regional Archipelago dengan kemampuan pemasaran dan distribusi Agoda yang berbasis data. Kemitraan ini bertujuan mempercepat pembentukan permintaan, meningkatkan konversi dari berbagai pasar sumber, serta memberikan solusi yang lebih efektif bagi mitra untuk menarik wisatawan dan meningkatkan kinerja pendapatan.(*)