Hadiri Sejumlah Upacara Adat, Sudikerta Disambut Hangat di Buleleng

215

SINGARAJA – Calon Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta menghadiri sejumlah upacara adat di Buleleng di sela-sela tidak terjadwal kampanye, Sabtu (24/2/2018). Bertepatan dengan hari Tumpek Wayang, Sudikerta antara lain menghadiri upacara ruwatan sapuhleger, metatah, mebayuh oton, mewinten massal di Griya Taman Guna Anyarsari Ashrama, Dusun Dasong, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada. Saat menghadiri upacara itu Sudikerta didampingi Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry.

Dalam darma wacananya di tengah-tengah warga dan sulinggih, Sudikerta menyampaikan apresiasi atas rasa kebersamaan serta semangat gotong royong masyarakat yang dilakukan dalam wujud pelaksanaan metatah secara masal (bersama-sama).

Dengan dilaksanakannya upacara secara massal, Sudikerta berharap selain dapat meringankan biaya pelaksanaan upacara, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa persatuan serta semangat gotong royong antar krama yang terlibat.

Baca juga :  HUT Korem 091/ASN: Momentum Lebih Dekat dengan Rakyat dan Fokus Penangan Covid -19

“Dengan pelaksanaan upacara secara massal, maka warga yang mampu bisa membantu yang kurang mampu, dengan demikian akan tumbuh rasa kebersamaan diantara krama. Meski upacara dilakukan secara sederhana, namun tidak akan mengurangi makna dari upacara itu sendiri asal sarana dalam sesajen tersebut lengkap sesuai termuat dalam sastra agama,” jelas Sudikerta.

Kehadiran Sudikerta di Dasong mendapat sambutan hangat warga setempat. Mereka bergantian minta berfoto bareng dan selfie dengan cawagub yang berpasangan dengan cagub Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra itu. (*)

Facebook Comments

About Post Author