Sambut Hari Kartini, Mahasiswa Manggarai Dwijendra Persembahkan Tarian Adat

281

DENPASAR – Menyambut Hari Kartini pada Sabtu 21 April, Mahasiswa Universitas Dwijendra asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur menggelar tarian adat khas Manggarai. Hal tersebut disampaikan Gede Sedana, Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Dwijendra, Denpasar, Bali pada, Jumat (20/4) di Denpasar.

Sedana mengapresiasi sikap Mahasiswa asal Manggarai yang begitu semangat saat mementaskan tarian adat khas Manggarai. “Mereka antusias sekali. Padahal persiapan mereka hanya satu minggu,” ujarnya.

Saat Mahasiswa Manggarai mementaskan tarian adat di atas panggung, justru banyak dosen dan mahasiswa yang menyaksikan ikut bergoyang. Hal ini, kata dia, karena tariannya cukup menarik perhatian dan semangat mahasiswa yang luar biasa.

Menurutnya, acara ini sengaja digelar untuk menghargai Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. “Momentnya hari Kartini. Kartini ini salah satu tokoh yang memiliki konsep emansipasi wanita,” ujarnya.

Baca juga :  Hadirkan Sheila On 7 dan DJ Soda, Biznet Festival Bali 2017 Berlangsung Meriah

Gede Sedana sengaja memberikan kesempatan kepada mahasiswa asal NTT untuk mementaskan tarian adat Manggarai dalam menyambut Hari Kartini sebagai bagian dari sikap toleransi. Selain itu, tarian adat Bali juga sudah terbiasa. “Kalau tarian (adat) Bali kan sudah biasa. Selain itu inikan yayasan Hindu tetapi kita memberikan kesempatan kepada saudara kita yang bukan hindu,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa ditengah situasi Negara yang sedang kacau oleh karena munculnya kelompok intoleransi yang ingin memecahbelah bangsa, maka sangat diperlukan kepekaan dari kampus untuk menentang sikap kelompok tersebut dengan cara menghargai perbedaan. “Perbedaan tidak bisa disatukan. Tetapi bagaimana perbedaan ini bisa berjalan bersama karena satu tujuan yakni yang di Atas (Tuhan),” ujarnya.(*)

Baca juga :  Ny Putri Koster: Fashion Show Hybrid Jadi Alternatif di Tengah Pandemi

Laporan: Saverinus Suryanto

Facebook Comments

About Post Author