Jubir: Ciuman Duterte Bentuk Kasih Sayang

585
Aksi ciuman sang presiden yang membawa kecaman dari sebagian warganya (Dok. BreakingNews.co.id)

MANILA – Juru bicara Presiden Filipina menyebut ciuman di ruang publik yang dilakukan Rodrigo Duterte dan seorang perempuan di Seoul merupakan “bentuk kasih sayang” terhadap tenaga kerja wanita.

Ciuman kontroversial itu dilakukan di tengah pertemuan Duterte dengan anggota diaspora Filipina di Korea Selatan, akhir pekan lalu. Tindakannya disambut sorakan dan kecaman dari politikus oposisi, pegiat hak perempuan dan pengguna media sosial.

Juru bicara Duterte, Harry Roque menyebut hal itu “momen akrab yang sangat diterima di budaya Filipina.” Melansir CNN Philippines, dia mengatakan ciuman itu adalah hal “yang membuat Presiden populer di antara warga kami.”

Musuh-musuh pemimpin blak-blakan dan kontroversial itu menyebut tindakannya itu misoginis dan menyalahi kewenangan.

Baca juga :  Rip Curl Dan WSL Mengumumkan Perpanjangan Kerjasama Selama Tiga Tahun Untuk Kompetisi Rip Curl Pro Bells Beach Dan Portugal

Kelompok hak perempuan Gabriela mengecam peristiwa itu sebagai “aksi teater menjijikan dari seorang presiden misoginis yang merasa berhak melecehkan, mempermalukan dan merendahkan perempuan seenaknya.”

Pemimpin oposisi Risa Hontiveros mengatakan Duterte “bertindak seperti raja feodal yang berpikir presiden berhak melakukan apapun sesukanya.” Dia juga mengatakan kekuasaan yang dipegang Duterte membuat ciuman itu tak dilakukan secara suka sama suka.

Pihak lain membela keputusan Duterte. Seorang pengguna media sosial menegaskan bahwa tindakannya biasa dilakukan etnis Visay seperti sang Presiden saat bercanda.

Dalam insiden di Seoul, Minggu, Duterte memanggil dua pekerja wanita Filipina naik ke atas panggung.

Setelah memberikan masing-masing satu buku kepada kedua orang tersebut, kabarnya buku yang mengkritisi Gereja Katolik, Duterte mencium salah seorang di antaranya di bagian pipi.

Baca juga :  Kemendikbudristek Gelar Pertemuan Leksikograf Tingkat Asia

Saat berhadapan dengan seorang perempuan lainnya, Duterte memberi isyarat ke bibir. Kecupan itu memicu sorak-sorai dari hadirin, warga Filipina yang tinggal di Korea Selatan dalam acara itu.

Duterte yang tidak memiliki istri resmi, hanya pasangan hidup yang memberinya seorang anak, dikabarkan bertanya kepada perempuan itu soal status pernikahannya.

“Apakah kamu lajang? Kamu tidak bercerai? Bisakah kamu katakan kepadanya ini hanya sebuah lelucon?” celoteh Duterte seperti dilaporkan situs berita Rappler, Filipina.

Menurut media pemerintah Filipina, PNA, perempuan yang diidentifikasi sebagai Bea Kim telah menikah dengan seorang warga Korsel dan memiliki dua anak.

Kim mengatakan dia tidak marah karena ciuman itu. “Itu hanyalah untuk menghibur dan menggembirakan warga Filipina yang sedang berkumpul,” kata Kim. (*)

Baca juga :  Joanna Palani Si Cantik Malaikat Maut, Momok Bagi ISIS

(sumber : CNNInternasional)

Facebook Comments

About Post Author