Upacara Wanara Laba Bikin Kera Banyak Makanan

491

Buleleng,Theeast.co.id, – Wanara Laba adalah salah satu jenis upacara yang diperuntukkan kepada ribuan kera yang menghuni areal Bukit Pulaki di Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng-Bali. Wanara Laba dilakukan dengan cara memberikan makanan kepada para kera tersebut. Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng Kamis (20/9) melaksanakan upacara Wanara Laba (memberi makan kera) di Pura Agung Pulaki. Kegiatan wanara laba ini dilaksanakan serangkaian dengan Upacara Pujawali di Pura Agung Pulaki lan Pesanakan Ida yang bertepatan pada Purnamaning Sasih Kapat. Dalam Upacara Wanara laba yang pelaksanaannya berlangsung selama Pujawali Pura Agung Pulaki Lan Pesanakan Ida, 24 – 26 September 2018. Seluruh SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng menghaturkan sarana berupa jenis labaan seperti 150 butir telor mentah serta buah pisang sebanyak 5 – 10 sisir dan 5 kresek merah bunga gemitir.

Baca juga :  Menilik Budaya Bahari di Tengah Masyarakat Suku Bajo

Ditemui usai persembahyangan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran dari pengempon Pura Agung Pulaki lan Pesanakannya, dimana wanara laba dilaksanakan dari tanggal 24 – 26 September 2018 dengan diikuti oleh masing – masing Bagian dan Dinas di lingkup Pemkab Buleleng. “Bagian Humas & Protokol Setda Buleleng menghaturkan Wanaralaba ini sesuai dengan surat edaran, dengan menghaturkan telur mentah, pisang tasak dan bunga gemitir,” ujar Ketut Suwarmawan.

Ditambahkan Ketut Suwarmawan, wanara laba merupakan kegiatan rutin setiap tahun, dengan leading sektor Bagian Kesejahtraan Setda Buleleng. “Wanara Laba ini rutin di laksanakan setiap tahun, masing – masing bagian dan OPD lingkup Pemkab Buleleng wajib menghaturkan,” imbuhnya.

Baca juga :  Tanah Lot Art and Food Festival 2020 Tampilkan Okokan Kolosal 'Nangluk Merana'

Sementara itu pengelingsir Pura Agung Pulaki Ida Bagus Mangku Temaja mengatakan, sebelum pujawali digelar pada malam harinya, di Pura Pulaki diselenggarakan upacara Wanara Laba yaitu sebuah upacara persembahan untuk ribuan kera yang selama ini menjadi penghuni perbukitan di areal Pura Pulaki. “ Yang lebih unik, saat itu juga digelar upacara lelabaan untuk wong samar atau gamang yang sejauh ini diyakini turut menjaga keajegan Pura Pulaki dan pura pesanakannya yang lain, “ungkap Ida Bagus Mangku Temaja.

Dipaparkannya, Wanara Laba merupakan sebuah upacara persembahan bagi kera yang selama ini menjadi penjaga setia Pura Pulaki. Ini dilakukan agar pada saat pujawali para kera itu tetap setia menjaga kelancaran dan kerahayuan pujawali.
“Secara simbolis, upacara itu memang dilakukan bagi kera di Pura Pulaki nmun sesungguhnya upacara itu juga dihaturkan bagi kera yang ada di seluruh Bali agar selalu menjaga Bali tetap ajeg dan rahayu” tambahnya, Pada saat upacara Wanara Laba, pengempon pura menghaturkan banten suci dan buah-buahan. Upacara itu biasanya dilakukan tepat pada siang hari sebelum digelar puncak pujawali pada siang harinya. (Nay)

Baca juga :  Tabuh Gemuruh Naedrum, Group Musik Asal Korea Selatan

 

Facebook Comments

About Post Author