Ratusan Siswa SD Se-Kota Denpasar Ikut Lomba Pungut Sampah Di Tukad Bindu

267

Denpasar, Theeast.co.id – Sebagai ajang edukasi dan sosialisasi guna membangkitkan kepedulian lingkungan sejak dini, Ratusan siswa Sekolah Dasar dari 53 sekolah di Kota Denpasar turut andil dalam kegiatan Nuduk (memungut) sampah plastik di Kawasan Tukad Bindu, Kesiman, Selasa (19/3).

Sejak pagi hari tampak antusiasme siswa-siswi dari SD se-Kota Denpasar untuk mengikuti lomba memungut sampah yang dirangkaikan dengan Hut ke-2 Yayasan Tukad Bindu bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait ini. Seluruh peserta dengan semangat turut memungut sampah di kawasan Tukad Bindu.

Ketua Yayasan Tukad Bindu, IB Made Ari Manik saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan lomba memungut sampah plastik ini dilaksanakan guna memberikan edukasi kepedulian lingkungan sejak dini. Sehingga, dengan adanya sosialisasi ini kedepan anak-anak dapat memahami tentang pentingnya peduli lingkungan untuk menjaga keseimbangan alam semesta.

Baca juga :  Tingkatkan Kemampuan, Korem 044/Gapo Gelar Penataran Penerangan

“Kegiata ini kami laksanakan guna memberikan edukasi dini kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, sehingga kedepanya generasi muda dapat tumbuh dengan kasadaran lingkungan yang tinggi,” jelasnya.

Kepedulian lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Dimana, selain mengajak masyarakat untuk membersihkan, edukasi tentang pemilahan sampah juga dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat. “Rasa malu tentang untuk membuang sampah sembarangan harus tumbuh di masyarakat, dan itu harus ditumbuhkan sejak dini,” paparnya.

Panitia HUT Yayasan Tukad Bindu, I Gusti Ari Rai Temaja mengatakan bahwa lomba nuduk sampah ini diikuti oleh 53 SD se-Kota Denpasar yang masing-masing peserta mengirimkan 10 peserta. Dimana pemenang lomba ditetapkan berdasarkan jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan.

Baca juga :  Panglima Koarmada II Sambut Kedatangan KRI Makassar-590 Usai Laksanakan Misi Lattek Layar Pra Jalasesya 2020

Adapun para pemenang yakni Juari I SDN 26 Dangin Puri dengan jumlah sampah 33 Kg, Juara II SDN 8 Kesiman dengan jumlah sampah sebanyak 32,5 Kg, Juara III SDN 3 Kesiman dengan jumlah sampah 25,5 Kg. Sedangkan juara Harapan I SDN 14 Kesiman, Juara Harapan II SDN 6 Sumerta dan Juara Harapan III SDN 16 Kesiman. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini, dan kami sangat mengapresiasi semangat siswa SD se-Kota Denpasar yang telah ikut menjaga lingkungan dengan memungut sampah ini,” paparnya.

Salah seoarang siswa SDN 3 Kesiman, Putu Aryasta Wibawa mengaku senang dapat ikut serta dalam lomba ini. Dimana, selain dapat berkumpul dengan teman, juga dapat belajar di alam serta ikut belajar tentang peduli lingkungan. “Sangat senang, belajar di lam langsung dan ikut menjaga serta membersihkan  lingkungan,” tuturnya. (Axelle Dae)

Baca juga :  TMMD Ke 109 Kodim Badung Resmi Dibuka "Pengabdian Untuk Negeri"

Facebook Comments

About Post Author