Tingkatkan Kemampuan Insan Penerangan TNI AD, Dispenad Gelar Workshop Menulis di Kodam IX/Udy

Tingkatkan Kemampuan Insan Penerangan TNI AD, Dispenad Gelar Workshop Menulis di Kodam IX/Udy/theeast.co.id

Tingkatkan Kemampuan Insan Penerangan TNI AD, Dispenad Gelar Workshop Menulis di Kodam IX/Udy/theeast.co.id

WORKSHOP. Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar TA. 2020 di Kodam IX/Udayana ini dihadiri oleh 30 orang peserta, diantaranya perwakilan dari Penrem 161/WS, Penrem 162/WB dan Penrem 163/WSA serta perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam IX/Udayana. Foto : Tim Pendam.

DENPASAR, The East Indonesia  – Workshop Menulis Penerangan yang diselenggarakan saat ini, merupakan program kerja Dispenad yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menulis personel Penerangan di jajaran TNI AD, sekaligus meningkatkan kemampuan personel Penerangan dalam menuangkan pokok-pokok pikiran maupun gagasan dalam bentuk tulisan yang bernilai strategis bagi satuan maupun bagi penguatan citra TNI AD.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabag Listra I Dispenad Mayor Arm Suhendro Oktosatrio pada saat membuka kegiatan Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar TA. 2020 yang diselenggarakan di Aula Barak Siaga Makodam IX/Udayana, pada Kamis (15/10/2020).

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) mengucapkan terima kasih kepada Kapendam IX/Udayana beserta jajaran atas bantuan dan dukungannya, sehingga kegiatan Workshop Menulis Penerangan ini dapat terselenggara sesuai dengan rencana.

“Sebagai insan Penerangan TNI AD, kita harus menyadari bahwa saat ini tuntutan transparansi informasi publik telah menjadi sebuah keniscayaan. Jika dahulu TNI AD lebih cenderung tertutup dan selektif dalam publikasi kegiatan, maka kini sebagai bagian dari sistem informasi nasional, Penerangan Angkatan Darat tidak bisa mengabaikan desakan agar institusi TNI AD menjadi lebih terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat,” ungkap Kadispenad.

Lebih lanjut Kadispenad mengatakan, bahwa sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat, TNI AD memiliki kewajiban untuk mempublikasikan berbagai informasi penting terkait kebijakan TNI AD termasuk publikasi prestasi dan capaian kinerja melalui media massa. Namun demikian, harus disadari bahwa untuk mampu menulis dengan baik dan mempublikasikan ke media memerlukan kemampuan yang baik sekaligus memenuhi kriteria jurnalistik, serta harus dikembangkan dan ditingkatkan secara terus-menerus.

“Oleh karena itu, pada kegiatan workshop ini, para peserta akan diberikan pembekalan tentang Peran Media dan Perang Informasi, Penulisan Artikel dan Berita, serta ilmu pengetahuan, wawasan, dan keterampilan dalam membuat suatu tulisan pimpinan, baik yang akan dimuat di media maupun dibacakan langsung oleh pimpinan dalam bentuk amanat maupun sambutan,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Kadispenad mengucapkan selamat mengikuti kegiatan workshop kepada para peserta, dan manfaatkan forum ini secara optimal untuk menggali aspirasi, pemikiran, pandangan serta pengalaman dari pemateri maupun peserta lainnya, untuk nantinya dapat diimplementasikan dan dikembangkan di satuannya masing-masing.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Tim dari Dispenad dan para peserta pelatihan, ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kodam IX/Udayana, yang mana kehadiran Tim Dispenad berkenan menggelar kegiatan Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar kepada para perwakilan satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta wawasan kita dalam membuat berita yang pastinya akan diaplikasikan untuk membangun citra positif di satuan masing-masing, sehingga diharapkan nantinya para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” ungkap Kapendam.

Lebih lanjut Kapendam berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius, berikan saran dan masukan positif yang bersifat membangun, adakan komunikasi timbal balik serta tanyakan apabila ada hal-hal yang belum jelas dan dimengerti kepada pemateri, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan optimal sesuai tujuan dan harapan bersama.

Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar TA. 2020 di Kodam IX/Udayana ini dihadiri oleh 30 orang peserta, diantaranya perwakilan dari Penrem 161/WS, Penrem 162/WB dan Penrem 163/WSA serta perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Sesuai jadwal, kegiatan yang akan digelar selama 2 hari ini, membahas tentang materi Peran Media dan Perang Informasi, Penulisan Artikel, Berita dan Feature, Penulisan Amanat dan Sambutan serta Publik Speaking oleh Tim Workshop Dispenad. (red/Pendam IX/Udy)

Facebook Comments