Pidato Perdana Bupati, Agus Taolin dan Alo Haleserens Janji Akan Evaluasi Teko Daerah Belu

54
PIDATO PERDANA. Pidato Perdana Bupati, Agus Taolin dan Alo Haleserens Janji Akan Evaluasi Teko Daerah Belu. Foto : Tim

ATAMBUA, The East Indonesia – Dalam Pidato Perdana, Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM berjanji akan serius menangani reformasi birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Belu terutama dalam proses rekrutmen dimana seleksi akan dilakukan secara terbuka.

Hal ini menjadi salah satu komitmen perubahan yang akan dilakukan untuk Rai Belu dalam birokrasi Pemerintahan.

Demikian disampaikan Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM dalam pidato Perdana Bupati di ruang sidang utama DPRD Belu, Selasa (27/04/2021).

“Reformasi birokrasi akan serius kami perhatikan, terutama dalam proses rekrutmen dan seleksi yang akan dilakukan secara terbuka. Inilah perubahan yang akan kami usung pada periode ini,” pungkasnya.

Dijelaskan bahwa untuk para pejabat eselon akan dilakukan open bidding. Sementara penerimaan Tenaga Kontrak Daerah (Tekoda) akan kembali dilakukan evaluasi.

“Open bidding untuk pejabat eselon. Penerimaan tekoda, teko kita akan evaluasi kembali,” pinta Agus Taolin.

Evaluasi teko daerah akan dilakukan karena menurut Bupati Belu, dirinya mendapatkan beberapa laporan terkait penerimaan Tenaga Kontrak Daerah Belu.

“Kami mendengar banyak keluhan ya, Tuhan memberikan telinga 2 untuk mendengar, mata 2 untuk melihat dan lain-lain dan lain-lain. Kita lihat baik-baik dulu ya perlu tidak ini barang ini. Jangan sampai tidak perlu. Jangan sampai perawat pergi taroh tekoda di Dinas Pariwisata. Hae Nai, hare halo di-diak lai nai. La sa Ida. Jadi kita evaluasi kembali. Tidak ada kebijakan diambil sesuai situasi kondisi pada saat itu. Kalau memang ada sesuatu kita evaluasi. Tidak masalah karena didalam setiap SK dibawahnya ada tulis kata-kata seperti itu,” ujar Bupati Belu.

Sementara itu, upaya penyesuaian terhadap sistem birokrasi Aparatur Sipil Negara akan segera disesuaikan.

Baca juga :  Bandara Ngurah Rai Akan Tingkatkan Keamanan Jelang Pemilu

“Kita dengar ada yang ada perampingan, ada macam-macam fungsionalisasi. Pejabat kita harus siap untuk menghadapi itu. Kita akan koordinasikan dengan pemerintahan Provinsi dan Pusat,” imbuh Agus Taolin.

Bupati Belu ini juga menegaskan kepada seluruh ASN dan aparat pendukung lainnya baik di Kecamatan, Kelurahan, Desa hingga RT dan RW harus sering turun ke lapangan untuk mendapatkan persoalan yang ada di tengah masyarakat.

“ASN dan seluruh Aparat pendukung baik di Kecamatan, Kelurahan, RT/RW harus lebih banyak turun ke lapangan. Jangan diam di atas meja saja. Bupati pun harus banyak lebih di lapangan. Ya 2 hari di kantor, 3 hari di lapangan, 7 hari HP terbuka terus,” urai dr Agus Taolin.

Disampaikan pula bahwa pembinaan, pengawasan, pengendalian menjadi kata kunci dalam melakukan segala upaya untuk perbaikan ini sehingga tujuan yang sudah dicanangkan dan perencanaan yang sudah dilakukan harus tercapai dengan sebaik-baiknya.

Untuk diketahui sebelumnya diberitakan, tampil sebagai penantang dalam pilkada Belu 2020, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM berhasil keluar sebagai pemenang dan menjabat secara resmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Pelantikan terhadap kedua pasangan yang terkenal dengan tagline SEHATI ini dilakukan langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Aula El Tari Kupang, Senin (26/04/2021).

Pidato Perdana sang pemimpin baru di Kabupaten Belu ini pun dibuat berbeda dengan masa sebelumnya yaitu menyampaikan pidato Perdana Bupati dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Belu.

Rapat Paripurna Istimewa Pidato Perdana Bupati Belu ini dilakukan di ruang sidang utama DPRD Belu, Selasa (27/04/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Belu, Jeremias Manek Seran JR dan didampingi Wakil Ketua I, Cyprianus Temu serta wakil ketua II DPRD Belu, Yohanes Jefri Nahak.

Baca juga :  Tahun Anggaran 2021, Pembagian BLT Dana Desa di Kabupaten Belu Berlanjut Selama 12 Bulan

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH,.FINASIM dan Ibu; Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM.dan Ibu; Penjabat Bupati Belu Drs Zakarias Moruk MM dan ibu; penjabat Sekda Belu Frans Manafe S.Pi; para anggota DPRD kabupaten Belu; Kepala Kejaksaaan Negeri Atambua Drs. Alfonsius Loe Mau SH.M.Hum; Ketua Pengadilan Negeri Atambua Bpk A. A.G. Susila Putra. SH; Kepala Lapas Klas IIB Atambua Edwar Hadi Amd,IP, SH; Dandim 1605-Belu Letkol Inf Wiji Untoro; Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh SH, S.I.K, M.Si; Danyon Raider Khusus 744 SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian; Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Timur Yonif 742 SWY Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro; Kepala Kantor Bea Cukai Atambua Tribuana Wetangterah; Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Atambua. K. A. Halim; Kepala Kantor Agama Kab Belu; Agen Atambua Konsulat Timor Leste; Dansup Pom Atambua Kapten Cpm Jermy Robby Lingga; Danki Kav KAA Kapten Kav Fico Laksamana Yudha S.S.T. han. S.T; Danpos Sal Atapupu.Letda Laut Anggi Andika Cakra Sonara; Para Staf Ahli Bupati Belu; Para Asisten Sekda Belu; Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Belu; para Pimpinan OPD Kabupaten Belu; Para Camat Sekab Belu; Para Pimpinan Partai Politik; Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Para Tokoh Pemuda.

Selaku pimpinan rapat, Ketua DPRD Belu langsung membuka rapat paripurna istimewa DPRD Belu tersebut dan menyapa serta mempersilahkan Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM untuk menyampaikan pidato perdana.

“Paripurna dewan yang terhormat. Hari ini kita melakukan rapat paripurna istimewa dengan agenda tunggal pidato Perdana Bupati Belu dengan spirit, motto dan visi besar yaitu mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif. Maka saya mengajak kita semua untuk mendengar dan menyimak pidato perdana Bupati Belu. Untuk saudara Bupati Belu disilahkan untuk menyampaikan pidato perdana,” demikian penyampaian pembuka dari Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran JR.

Baca juga :  Danramil Baru Langsung Bangun Koramil 0906-14 Tenggarong Seberang

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM dalam sambutannya mengatakan pada tempat yang pertama dirinya mengajak semua hadirin untuk memanjatkan Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas berkat penyertaan-Nya dapat menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Belu dalam rangka penyampaian pidato perdana Bupati Belu dalam keadaan baik dan sehat.

Dirinya pun mengajak seluruh hadirin untuk menundukkan kepala dan mendoakan saudara-saudari yang telah mendahului di dunia ini.

Tak lupa, Bupati Belu, dr. Agus Taolin menyampaikan terima kasih kepada hadirin yang menghadiri pidato perdana di Gedung DPRD Belu.

Dalam pidato perdana tersebut pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belu yang dikenal dengan tagline SEHATI ini menyampaikan komitmennya untuk menjalankan berbagai Program yang telah disampaikan dalam masa kampanye Pilkada Belu tahun 2020 lalu.

Diakhir pidatonya, Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu, dr. Agus Taolin dan Drs Alo Haleserens memohon dukungan dan doa dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Belu agar dapat menjalankan amanah yang telah dipercayakan dengan sebaik-baiknya.

“Mohon doa restu dari ibu bapak sekalian dan seluruh masyarakat Kabupaten Belu sehingga kami dapat mengemban kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan kami berjalan sendiri tetapi mari kita selalu beriringan untuk membangun daerah yang membutuhkan banyak pikiran, masukan dari seluruh komponen masyarakat di Rai Belu baik yang tinggal di sini maupun yang berada di luar. Kita selalu berdiskusi, berkomunikasi,” pungkasnya. (Ronny)

Facebook Comments