Kodim Yahukimo Siapkan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19

256
FOTO : Kodim Yahukimo Siapkan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19.(Tim)

YAHUKIMO, The East Indonesia  – Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo menyelenggarakan Rapat Revisi Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bertempat di aula Kantor Bupati Kab. Yahukimo, Rabu (28/7). Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Yahukimo Didimus Yahuli, SH., tersebut, Pemerintah Daerah melalui Kepala Dinas Kesehatan Kab. Yahukimo Lesman Tabuni, SKM. M.M., meminta kepada Dandim 1715/Yahukimo agar dapat menyiapkan tim personel sebagai petugas pemulasaran jenazah pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf. Christian F. R. Ireeuw pada kesempatannya menyampaikan bahwa Kodim 1715/Yahukimo siap memberikan dukungan personel pemulasaran jenazah covid-19 sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk mengatasi keterbatasan tenaga kesehatan di RSUD Dekai dalam menangani pandemi covid-19.

Baca juga :  Permainan Tradisional Bali Meriahkan Hari Anak Sedunia Tahun 2022

“Bantuan yang kita berikan saat ini sesuai dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang, termasuk membantu pemerintah dalam mengatasi akibat bencana alam. Hal itu tertuang dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang tugas pokok TNI,” ujarnya.

Demi menjaga personel dari paparan covid-19, Dandim menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Yahukimo dan RSUD Dekai sehingga dilaksanakan pembekalan atau pelatihan tata cara pemulasaran jenazah pasien covid yang aman sesuai protokol yang ada.

“Dengan adanya pelatihan juga dapat memastikan kesiapan personel karena dalam pelaksanaannya harus sesuai SOP, mengingat resiko penularan yang cukup besar kepada petugas pemulasaran jenazah sehingga penanganannya harus sesuai SOP dan penggunaan alat pelindung diri (APD) yang baik bagi petugas,” jelas Letkol Inf. Christian F. R. Ireeuw.**

Baca juga :  Ketua Persit KCK PD VI Mulawarman Pimpin Sertijab Ketua Persit Kodim Dan Yonif

Editor|Christovao

Facebook Comments

About Post Author