AKBP Khairul Saleh Pindah, Ini Kapolres Belu Yang Baru

10
FOTO : Sertijab Kapolres Belu.(tim)

ATAMBUA, The East Indonesia – Selama kurang lebih setahun menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Belu, AKBP Khairul Saleh, SH, SIK, M.Si secara resmi telah berpindah tugas dengan mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Reskrimsus Polda NTT.

Mutasi jabatan ini tertuang dalam ST/1701/VIII/Kep/2021 tanggal 25 Agustus 2021 yang ditandatangani As SDM Kapolri, Irjen Pol Wahyu Widada.

Dalam keputusan tersebut, AKBP Yoseph Krisbiyanto, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binopsnal Direktorat Lalu Lintas Polda NTT ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Resort Belu yang baru.

Pergantian pucuk pimpinan Polres Belu itu pun ditandai dengan serah terima jabatan (sertijab) Kapolres Belu dan Kapolres Sumba Barat Daya, yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hu di Mapolda NTT, Kamis (09/09/2021).

Baca juga :  KBRI Tokyo Bersama Universitas Osaka Jalin Kerja Sama Kesehatan, Pangan dan Bioteknologi

Dalam kenal pamit di Mapolres Belu, Sabtu (10/9/2021), pejabat lama AKBP Khairul Saleh menuturkan dalam mutasi jabatan akan ada yang datang dan ada yang pergi pergantian pejabat. Hal ini merupakan sesuatu yang sudah biasa terjadi di semua organisasi.

“SK Kapolri untuk dimutasikan sejak 25 Agustus lalu dan Kamis 9 September kemarin kami sudah serahkan tongkat komando ke pejabat baru oleh Bapak Kapolda NTT,” tandasnya.

Diterangkan bahwa hingga dimutasi, dirinya kurang lebih 1 tahun 1 bulan menjabat sebagai Kapolres Belu.

“Ini waktu yang tidak terlalu lama. Tetapi kami memiliki kenangan dan pengalaman yang cukup banyak selama menjabat Kapolres Belu,” pungkas Khairul.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa pada saat bertugas sebagai Kapolres Belu, suhu politik Pemilihan Kepala Daerah Belu cukup memanas. Namun berkat dukungan sinergitas Pemda dan elemen masyarakat lainnya, pelaksanaan Pilkada 2020 dalam masa jabatannya bisa berjalan aman dan lancar.

Baca juga :  Kado HUT ke-76 RI, Pelajar, Alumni dan Orang Tua Sekolah Republik Indonesia Tokyo Juara Nasional Pemilihan Ratu Kebaya 2021

Ditururkan pula hubungan sinergitas, kerjasama antar Polres dengan lintas sektor, Pemda dan TNI cukup bagus dan dirinya sangat merasakan perubahan- perubahan khususnya pandemi Covid-19 ini.

“Dengan sinergitas yang ada, kita gelar serbuan vaksinasi. Ini masih saja berlangsung, guna mendukung percepatan vaksinasi,” kata AKBP Khairul Saleh.

Selain itu pada masa kepemimpinannya, dalam rangka meningkatkan sinergitas lintas sektor dan terdapat juga segala jenis kegiatan patroli. Terutama yang sangat diapresiasi masyarakat yakni, patroli bersepeda yang menuai apresiasi.

AKBP Khairul Saleh berpesan agar Kapolres Belu yang baru bisa meneruskan sinergitas yang ada.

“Kami yakin yang gantikan kami bisa lebih sukses disini dan lebih mengoptimalkan kerja sama dengan semua instansi di perbatasan Belu,” ujarnya.

Baca juga :  Usai Bhaksos di Panti Asuhan, Panitia Paskah Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Sementara itu, Kapolres Belu, AKBP Yoseph Krisbiyanto menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama serta Pemda Belu yang telah menginginkan kami menjadi warga Belu.

Mantan Kapolres Sumba Barat Daya itu menjelaskan bahwa dengan jabatan yang diterima ini dapat berjalan dengan baik dan bisa memiliki saudara baru di perbatasan Belu.

“Apa yang sudah dilaksanakam Bapak Khairul akan kami lanjutkan. Kami lakukan kordinasi dan sinergitas dengan TNI termasuk Pemda dan lintas sektor lainnya,” kata Yoseph.

Penulis|Rony|Editor|Christovao

Facebook Comments