Bupati Buleleng Harapkan KONI Tambah Anggaran Untuk Lomba Gerak Jalan

24

SINGARAJA, The East Indonesia – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengharapkan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menambah anggaran untuk hadiah lomba Gerak Jalan.

Hal itu disampaikannya saat ditemui usai melepas peserta lomba gerak jalan delapan kilometer tingkat SMP di garis awal lomba depan Gelanggang Olahraga (GOR) Bhuwana Patra, Singaraja, Selasa (9/8/2022).

Agus Suradnyana menjelaskan lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Lomba gerak jalan merupakan sebuah kegiatan yang memerlukan integritas dari para peserta. Mengekspresikan semangat di hari kemerdekaan. “Ini hal yang luar biasa. Melatih adik-adik kita untuk mengingat kembali perjuangan dan makna kemerdekaan yang kita raih,” jelasnya.

Baca juga :  Dandim Ikut Berangkatkan Peserta Kejuaraan Sepatu Roda Provinsi Jatim III Dan Piala Tetap Kapolres Tulungagung

Bupati yang juga seorang pengusaha ini mengharapkan peningkatan anggaran untuk hadiah kepada peserta gerak jalan. Khususnya di kategori 45 kilometer dewasa putra. Saat baru menjabat sebagai bupati, ada permasalahan terkait hadiah kepada para peserta. Ini mengakibatkan gema dari lomba gerak jalan 45 kilometer tersebut menjadi surut. “Mungkin nanti dari KONI bisa ditambah anggarannya untuk mempersiapkan lebih maksimal lagi. Mungkin hadiahnya, mungkin pakaiannya dibantu lah dari KONI. Ditambah anggarannya untuk itu. Ini acaranya merakyat sekali,” ucap Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai kegiatan rutin lainnya dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI seperti pasar rakyat dan pameran, Agus Suradnyana pun mengungkapkan belum bisa dilakukan saat ini. Mengingat masih dalam kondisi pandemic Covid-19. Lomba Gerak Jalan digelar melalui diskusi yang panjang bersama Ketua KONI Kabupaten Buleleng. “Dan sampai pada kesimpulan diizinkan tapi tetap dengan protokol kesehatan tentunya,” ungkap dia.

Baca juga :  Peringati Hari Laut Sedunia,, Lanal Ternate Gelar Latihan Selam Bersama di Perairan Laut Halmahera

Seperti diketahui, lomba gerak jalan kembali digelar setelah vakum selama dua tahun. Ada empat kategori yang dilombakan yaitu delapan kilometer SD, delapan kilometer SMP, 17 kilometer dewasa putri, 45 kilometer dewasa putra serta gerak jalan kocak dan kreatif. Total peserta seluruh kategori sebanyak 196 regu. Terdiri dari SD 76 regu, delapan kilometer SMP 40 regu, 17 kilometer dewasa putri 34 regu, gerak jalan kocak kreatif 15 regu dan 45 kilometer dewasa putra sebanyak 31 regu. Total hadiah sebanyak Rp524 juta dengan ditambah uang pembinaan bagi peserta yang berhasil mencapai garis akhir dengan anggota minimal tersisa 50 persen plus satu.***

Penulis – Wismaya

Facebook Comments

About Post Author