Terinspirasi Piala Dunia Qatar, Musisi Bali Ini Tulis Lagu Berjudul “Messi”

88

DENPASAR, The East Indonesia – Setelah sukses merilis lagu berjudul “Covid One Nine” tahun 2021, musisi Bali Rafael kembali menginspirasi publik dengan lagu terbarunya berjudul “Messi”. Pria asal Manggarai NTT ini menggarap album berjudul “Messi” karena terinspirasi dari event 4 tahunan piala dunia di Qatar. Pria yang berkarir musik melalui Group Band Raff The Ambient ini menilai, event empat tahunan ini selalu dirindukan oleh publik di seluruh dunia. Bukan hanya itu. Publik juga membawa idolanya masing-masing ke piala dunia tanpa ada sekat suku, agama, ras dan golongan.

“Saya terinspirasi dengan event piala dunia. Kemudian saya pun membahasakan eforia piala dunia ini melalui lirik lagu. Sebab piala dunia kali ini sangat menarik, mulai dari tuan rumah Qatar yang terkenal dengan suhu yang panas sampai dengan tampilnya para legenda sepakbola dunia yang tidak mudah hilang dalam memori publik,” ujarnya di Denpasar, Senin (12/12/2022).

Soal judul lagu “Messi”, menurut musisi yang eksis sejak era 2005 ini menjelaskan bahwa, judul lagu ini merujuk pada seorang publik figur legenda sepakbola asal Argentina. Lionel Messi adalah salah satu pemain yang lahir pada tanggal 24 Juni 1987 ini saat ini sudah berusia 35 tahun. Walau belum tahun negara yang akan membawa pulang trofi piala dunia tahun 2022 ini, namun karir Messi masih cemerlang. Selain Messi masih ada pemain senior Cristiano Ronaldo (CR) yang kali ini sudah berusia 37 tahun. Namun Timnas Portugal kandas di 8 besar.

Baca juga :  Dua Musisi Luncurkan Album Religi Bertajuk 'Syukur'

Nama lain yang disebut dalam lyirik lagu ini adalah Neymar. Namun Brazil pun harus gugur di 8 besar. “Judul lagunya memang Messi. Namun saya juga menyebut bintang sepakbola lainnya. Mereka saya sebut dengan all stars. Ini yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo, Neymar, Mbape, dan semua bintang sepakbola di piala dunia Qatar yang lainnya,” ujarnya.

Jiwa seni musik Rafael sendiri terbentuk dari perjalanan panjang karirnya. Selain bermain dari hotel ke hotel di Bali, Rafael menjadi salah satu pentolan Group Raff The Ambient. Rafael yang awalnya menjalankan kiprah musiknya dengan format solo. Namun Rafael sendiri merasa ada sesuatu yang kurang jika hanya bermusik sendirian. Karena menurut dia, musik itu untuk dinikmati bersama. Dia lalu mengajak beberapa rekannya. Hal yang sama juga dengan piala dunia. Ia ingin membahasakan piala dunia ke dalam seni. Sebab seni ini universal, bisa dinikmati oleh siapa pun. Ia beranggapan bahwa seni musik itu harus kontekstual, membaca agenda publik yang ada

Baca juga :  Ratusan Karyawan Rayakan Syukuran HUT Boshe VVIP Club Bali 2018

Lagu Messi ditulis langsung oleh Rafael selaku vokalis. Kemudian racikan musik yang kental dengan nuansa ambience, electronik dan sedikit sentuhan rock dibuat bersama oleh personel lainnya. Penggunaan sound electronic yang unik, dari alunan synth, bass, dan keyboard membuat alunan musik dalam lagu ini jadi easy listening. Bersama dengan personil Raff The Ambient lainnya, seperti Dedi Eka Budiono (drummer), Reynard Bai (guitarist), Tony Roesman (keyboardrist dan Music Director), Rafael ingin agar para top player di lapangan hijau itu tidak lekang ditelan zaman. Lagu dengan genre Indian Film Pop tersebut langsung dirilis ke publik pada pertengahan Desember 2022. Nuansa musik yang ringan namun mudah melekat di telinga publik ini berkat usungan nama besar para legenda sepakbola dunia saat ini.***AD

Facebook Comments

Baca juga :  Andy /rif Siap Ramaikan “Moulin Rouge” di EC Bali

About Post Author