Menang Telak, Lasmawan Terpilih Sebagai Rektor Baru Undiksha

40
Prof Dr I Wayan Lasmawan (tengah)menang telak dalam pemilihan calon rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja periode 2023-2027, yang digelar pada Rabu (11/1). Foto : Ist

SINGARAJA, The East Indonesia – Prof Dr I Wayan Lasmawan menang telak dalam pemilihan calon rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja periode 2023-2027, yang digelar pada Rabu (11/1). Lasmawan menyapu bersih suara hingga 100 persen, atau sebanyak 58 suara.

Pemilihan rektor ini dilakukan dengan pemungutan suara oleh senat Undiksha dengan 65 persen hak suara, serta kuasa dari Kemendikbudristek dengan 35 persen hak suara. Pemilihan berlangsung di Ruang Ganesha III Rektorat Undiksha. Dari hasil pemilihan itu, anggota senat hingga kuasa Kemendikbud kompak memilih Lasmawan sebagai rektor terpilih. Lasmawan pun dijadwalkan akan dilantik menjadi Rektor Undiksha pada April mendatang, setelah masa jabatan Prof I Wayan Jampel berakhir pada 12 April 2023.

Plt Sekretaris Ditjen Diktiristek, Prof Tjiktjik Srie Tjhajandarie mengatakan, Pilrek Undiksha telah berjalan dengan kondusif dan sportif, serta saling mendukung. “Ini adalah kekuatan moral yang sangat bagus sebagai modalitas Rektor terpilih didalam mengembangkan Undiksha ke depan,” katanya.

Baca juga :  Perangi Covid-19, Gubernur AAL Tinjau Satlakgiat Hiu Latsitardanus XL/2020 Saat Pembuatan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Ia pun berharap Rektor terpilih dapat menjadikan Undiksha semakin maju, mampu meneruskan langkah atau capaian-capaian luar biasa yang selama ini diraih dalam kepemimpinan Prof I Wayan Jampel. “Harapannya ini tidak mundur justru lebih maju. Undiksha bisa jadi perguruan tinggi yang unggul, perguruan tinggi yang leading tidak hanya ditingkat nasional tapi juga Internasional,” katanya.

Sementara Lasmawan menyebut, sebagai rektor terpilih, ia akan berusaha mewujukan Undiksha sebagai international reputable university in education and leadership, mengubah status Undiksha dari BLU menjadi PTN BH, hingga berencana membangun rumah sakit pendidikan pada 2024 mendatang, di belakang gedung kesenian Gde Manik Singaraja.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah sakit itu diperkirakan mencapai Rp 350 juta. Pihaknya pun saat ini masih mencoba melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat, maupun sumber pendapatan dari sektor lain.

Baca juga :  Kemendikbud Dorong Peran Sekolah dalam Menyemaikan Toleransi

“Undiksha sudah punya fakultas kesehatan. Jadi harus punya rumah sakit. Kalau sekarang kan masih kerjasama dengan pemda. Tidak bisa selamanya begitu. Sekarang masalahnya ada dipendanaan. Pembangunan rumah sakit ini sudah dirancang oleh Pak Jampel. Ini akan jadi tanggungjawab saya setelah diberi kepercayaan oleh Senat Undiksha,” tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya ada tiga calon dalam Pilrek Undiksha ini. Diantaranya I Wayan Lasmawan, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Rektor II Undiksha, Dr Drs I Ketut Sudiana yang saat ini menjabat sebagai Ketua LPPM Undiksha, serta Dr I Wayan Artanayasa yang saat ini menjabat sebagai  Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha.

Penulis|Wismaya

Facebook Comments

Baca juga :  Korem 071/ Wijayakusuma, Gelar Simulasi Bencana Alam

About Post Author