Buleleng Peringkat Kedua Nasional PBG, Pemkab. Banyuwangi Studi Komparasi ke Dinas PUTR

92

SINGARAJA, The East Indonesia – Peringkat 2 terbaik nasional dalam Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) diraih oleh Pemkab. Buleleng. Prestasi tersebut mendasari Pemkab. Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman Banyuwangi melakukan studi komparasi di Dinas PUTR Kab. Buleleng yang diterima langsung Kepala Dinas I Putu Adiptha Eka Putra.

Dihubungi usai kunjungan, Kadis Eka Putra menjelaskan prestasi ini tidak lepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam melayani pengurusan perijinan bangunan gedung selain itu iklim investasi di Buleleng yang semakin membaik.

“Mekanisme dan pengelolaan PBG dievaluasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Dirjen Perumahan menjadikan Buleleng menjadi “best pratice” dengan kinerja cukup tinggi dari Kementerian secara nasional ke-dua setelah Tanggerang Selatan,”paparnya.

Baca juga :  Akses Jalan di Belu Tak Diperhatikan, Satgas Yonif RK 744/SYB Bantu Perbaiki

Prestasi ini sambung Kadis Eka, tidak lepas dari regulasi yang memayungi dalam pengurusan kajian teknis bangunan gedung seperti Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, Perda PBG, Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang terintegrasi dengan sistem OSS “online single submission”.

“Kita sudah punya Perda RTRW untuk luar perkotaan dan RDTR untuk wilayah perkotaan Singaraja yang terintegrasi dengan sistem OSS untuk keluaran kajian teknis ijinnya. Ini yang mempercepat kinerja kita,” tandasnya.

Banyaknya permohonan PBG khususnya dengan pengembang di Buleleng, Kadis Eka Putra menyikapi dengan membuka klinik konsultasi dengan melibatkan 10 orang operator dengan permohonan secara online by system bernama “SIMBG” System Informasi Manajemen Bangunan Gedung.

Baca juga :  Letkol Arm.Arif Rahman Pimpin Sertijab Perwira Kodim 0502/Jakarta Utara

“Atas langkah cepat itu di bulan Agustus sampai Desember 2022 telah menelorkan kurang lebih 2.900 ijin PBG di Buleleng jika dibandingkan kabupaten lain hanya puluhan bahkan baru belasan,” ungkapnya.

Dengan banyaknya PBG yang dikeluarkan, tambah Kadis Eka, tentunya akan meningkatkan pendapatan daerah melalui retribusi perijinan, investor makin terlayani, tenaga kerja semakin banyak terserap dan tentunya perekonomian di Buleleng makin bergeliat.

Diakhir Kadis Eka Putra menyampaikan apresiasi yang diberikan rombongan Pemkab. Banyuwangi yang dipimpin oleh Kabid Cipta Karya Bapak Djatmiko, ST kepada Pemkab. Buleleng terhadap langkah-langkah dalam tata kelola PBG dengan tetap berpayung pada regulasi, ide-ide inovasi dan tetap membuka peluang investasi dengan baik dan benar.***wismaya

Facebook Comments

About Post Author